Lebaran Semakin Dekat, Pasar Sleman Belum Ramai Pembeli

Foto ilustrasi. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
04 Mei 2021 11:07 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Hari Raya Idulfitri semakin dekat. Namun, suasana Pasar Sleman terpantau masih relatif lengang pada Senin (3/5/2021). Sejumlah pengunjung terlihat mendatangi kios-kios, namun belum sampai menimbulkan kerumunan.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Slrman, Haris Martapa, menjelaskan meski belum signifikan, dibanding hari-hari biasa sejumlah pasar di Sleman saat ini telah mengalami peningkatan pengunjung.

"Peningkatan pengunjung dibanding hari biasanya memang sudah kelihatan tapi belum begitu mencolok. Sudah nampak gayeng, tapi belum ada penambahan fantastis," ujarnya.

Baca juga: Jelang Lebaran, Penjualan Pakaian Masih Lesu

Peningkatan pengunjung ini disebabkan kebutuhan konsumsi bulan Ramadan yang meningkat. Semakin mendekati hari lebaran ia memperkirakan akan ada penambahan pengunjung lagi, meski ia memastikan pengunjung hanya dari masyarakat lokal.

"Menjelang lebaran kalau predimsi ada peningkatan, tapi kami pastikan dari lokal semua karena sudah ada penyekatan. Kalau kondisi normal bisa 30 persen dari luar pengunjungnta. Besok juga kita siagakan satgas covid untuk antisipasi kerumunan," ungkapnya.

Ia memastikan setiap pasar sudah memiliki satgas Covid-19, sehingga dapat mengkondisikan protokol kesehatan jika terjadi lonjakan pengunjung. "Kami pantau dan awasi. Kalau terjadi penumpukan kita geser atau alihkan jalurnya," katanya.

Ia menuturkan berdasarkan standar operasional prosedur pasar tradisional mengacu pada regulasi Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kapasitas pasar maksimal 50%. "Sekarang belum sampai segitu," ungkapnya.