Atasi Aji Mumpung, Pedagang Makanan Wajib Pasang Daftar Harga

Ilustrasi. - Freepik
14 Mei 2021 11:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata Gunungkidul mengingatkan kepada pelaku destinasi wisata untuk berpartisipasi dalam menjaga citra pariwisata di mata pengunjung. Salah satunya dengan menyajikan daftar harga kepada semua pengunjung yang datang.

Sekretris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukomono mengatakan momen Lebaran banyak dimanfaatkan pelaku usaha dikawasan wisata untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Meski demikian, ada harapan keuntungan yang diperoleh tidak memberikan kesan yang buruk di mata pengunjung.

Untuk mengantisipasi ini, Dispar sudah membuat edaran kepada seluruh pedagang agar menetapkan tariff dengan sewajarnya. Selain itu, pedagang juga diminta menyajikan daftar harga di setiap menu yang diberikan ke pengunjung.

“Sudah kami sosialisasikan kepada para pedagang. Harapannya ini bisa dipatuhi karena ini akan berpengaruh terhadap citra pariwisata Gunungkidul,” katanya, Kamis (13/5/2021).

Untuk memaksimalkan imbauan ini, kelompok sadar wisata (pokdarwis) di masing-masing wilayah untuk ikut melakukan pengawasan. Apabila ada yang nekat dan mengambil tindakan aji mumpung diminta memberikan teguran kepada pedagang bersangkutan.