Advertisement

Destinasi Wisata Bantul Bakal Mengumandangkan Indonesia Raya Tiap Hari

Catur Dwi Janati
Senin, 24 Mei 2021 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Destinasi Wisata Bantul Bakal Mengumandangkan Indonesia Raya Tiap Hari Bendera Indonesia - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul segera menyosialisasikan Gerakan Indonesia Raya Bergema ke sejumlah destinasi wisata.

Kepala Dinpar Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan perlu sosialisasi agar gerakan ini dapat dilakukan secara serentak dan khidmat.  

Advertisement

BACA JUGA: Dituding Kerap Pansos oleh Elite PDIP, Ini Jawaban Ganjar Pranowo

Menurut Kwintarto, ketika Indonesia Raya dikumandangkan, orang yang mendengarkan diminta berdiri, lalu aktivitas dihentikan sejenak. "Kalau nanti posisinya seperti itu dan sudah disosialisasikan secara baik, saya kira tidak ada persoalan. Tetapi kalau belum disosialisasikan, saya khawatir saat lagu dikumandangkan masyarakat enggak paham, masih melakukan aktivitas. Dalam tanda kutip kurang menghormati atau kurang menghargai. Ini kan jadi tidak baik," kata dia, Senin (24/5/2021)

Kwintarto mengatakan tidak semua destinasi wisata memiliki sarana memadai seperti pengeras suara untuk memutar lagu Indonesia Raya. Ini dialami destinasi wisata di alam.

Sejumlah tempat publik seperti pasar tradisional juga mulai mengumandangkan Indonesia Raya tiap pagi. Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Sukrisna Dwi Susanta mengatakan sebagian pasar telah mulai menjalankan Gerakan Indonesia Rata Bergema. "Nanti kami sosialisasikan ke semua pasar melalui surat edaran," tuturnya.

BACA JUGA: Sejumlah Pengusaha di DIY Mendaftar Vaksin Gotong Royong

Beberapa pasar yang telah mulai memutar lagu Indonesia Raya tiap padi adalah Pasar Niten,Pasar Imogiri, Pasar Angkruksari, Pasar Turi, Pasar Barongan, Pasar Piyungan, dan Pasar Dlingo

"Ini baru saya klarifikasi via telepon ke lurah-lurah pasar lainnya. Insyaallah semua pasar yang sudah punya radio pasar, Jumat besok akan mengumandangkan Indonesia Raya," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement