Advertisement

Kerumunan Berpeluang Jadi Tempat Penyebaran Covid, Sunmor Belum Diizinkan di UGM

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 28 Mei 2021 - 19:57 WIB
Budi Cahyana
Kerumunan Berpeluang Jadi Tempat Penyebaran Covid, Sunmor Belum Diizinkan di UGM Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kasus Covid-19 yang masih terus bertambah di Sleman dengan sejumlah klaster baru membuat Universitas Gadjah Mada (UGM) belum mengizinkan aktivitas jual beli di Pasar Minggu atau yang dikenal dengan Sunday Moring (Sunmor). Pasar tersebut biasa digelar di kawasan kampus.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Ariani mengatakan kebijakan tersebut diambil mengingat kondisi penyebaran Covid-19 yang masih cukup tinggi di wilayah Sleman. Terlebih, aktivitas jual beli di pasar selama ini cukup berisiko menyebarkan Covid-19 karena adanya kerumunan di dalamnya.

Advertisement

"Memperhatikan kasus penularan Covid-19 yang masih terus terjadi, demi keamanan dan keselamatan bersama untuk saat ini aktivitas jual beli di Sunday Morning belum diizinkan dibuka kembali," kata Iva pada Jumat (28/5/2021).

Sekdir Direktorat Aset UGM Edi Prasetyo menambahkan kebijakan tersebut sekaligus menanggapai surat yang disampaikan oleh Perkumpulan Pedagang Sunday Morning pada 20 Mei 2021 lalu. Dalam surat tersebut, pedagang menyampaikan permohonan untuk mengaktifkan kembali Sunmor pada 23 Mei dan atau 30 Mei 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

UGM telah merespons permohonan tersebut dalam surat balasan tertanggal 25 Mei 2021. Dalam surat tersebut, UGM belum mengizinkan pembukaan kembali Pasar Minggu Sunmor karena laju penyebaran Covid-19 di Sleman masih tinggi.

"Harapannya keputusan ini bisa dimaklumi dan diterima oleh para pedagang di Sunmor sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona yang berpeluang terjadi melalui kerumunan saat aktivitas jual beli di Sunmor," ujar Edi.

Sebelumnya, klaster pasar pun beberapa kali bermunculan dari sejumlah pasar tradisional di wilayah DIY, termasuk di Kabupaten Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 14 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement