Dinas Klaim Tak Ada Siswa Putus Sekolah Akibat Pandemi

Ilustrasi. - Freepik
04 Juni 2021 07:47 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul mengklaim hingga saat ini belum ada siswa yang putus sekolah karena tidak bisa beradaptasi dengan pembelajaran daring.

Sekretaris Disdikpora Gunungkidul, Sudya Marsita mengungkapkan saat ini tidak ada anak yang memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah, karena tidak bisa adaptasi dengan pembelajaran daring. Menurutnya anak-anak termasuk pengajar bisa beradaptasi dengan pembelajaran daring.

BACA JUGA : PTM Untuk TK Dianggap Masih Sulit

“Masih bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar. Kami kawal damping anak-anak. Gunungkidul mayoritas sudah lancar, jauh sebelumnya sudah menyiapkan. Memang ada daerah tertentu yang agak sulit sinyal jadi ada pembelajaran tatap muka,” ucap Sudya, Kamis (3/6/2021).

Sekolah yang dimaksud olehnya yaitu SDN Gunung Gambar yang terletak di Padukuhan Gunung Gambar, Kalurahan Kampung, Kapanewon Ngawen yang melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka.

Sementara untuk sekolah lain yang masih memungkinkan jaringan internetnya, pelaksanaan belajar mengajar dilakukan secara daring. Dia mengatakan untuk mengatasi kejenuhan, guru biasanya aktif datang ke siswa. “Ada guru yang jemput bola, mengumpulkan siswa, ke tempat untuk tambahan les. Namun, protokol kesehatan tetap menjadi yang utama,” ucapnya.

BACA JUGA : Pemerintah Akhirnya Terbitkan Panduan PTM Terbatas di Masa Pandemi

Dia hanya berharap agar Covid-19 ini dapat segera teratasi. Sehingga kegiatan belajar mengajar dapat kembali berjalan normal. “Sehingga pendidikan karakter siswa terbentuk untuk menjadi generasi emas yang diharapkan,” ujarnya.