Advertisement

Kundha Kabudayan Kota Jogja Gelar FGD untuk Penguatan Ekosistem Kebudayaan

Media Digital
Jum'at, 18 Juni 2021 - 17:27 WIB
Nina Atmasari
Kundha Kabudayan Kota Jogja Gelar FGD untuk Penguatan Ekosistem Kebudayaan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT)/Focus Group Discussion (FGD). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Perhatian Pemerintah Kota Jogja untuk terus melestarikan dan memajukan kebudayaan di Kota Jogja dilakukan dengan berbagai bentuk kegiatan nyata. Melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja, komitmen untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendukung pelestarian dan pemajuan kebudayaan Kota Jogja gencar dilakukan.

Pada Kamis (17/6/2021) Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Yetti Martanti, bersama perwakilan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dan perwakilan Ketua Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) yang ada di Kota Jogja melaksanakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT)/Focus Group Discussion (FGD). Hadir pula dari kelurahan budaya (KB) terpilih yaitu Terban dan Kricak, serta RKB Pandeyan, dan Purbayan.

Advertisement

KB dan RKB terpilih ini memiliki potensi budaya baik tangible maupun intangible yang bisa dioptimalkan. Masyarakat juga didorong untuk berperan aktif dalam melestarikan budaya di wilayah Kota Jogja.

Baca juga: Pentas Kawasan Kemantren Kotagede Hadirkan Tema “Suara Cahaya”

FGD ini sebagai bagian dari menyusun kajian untuk menganalisis strategi partisipasi komunitas dan merumuskan kerangka kerja dan peran para pihak yang mampu mendorong terjadinya penguatan ekosistem kebudayaan di perkotaan. Kegiatan berlangsung di pendopo Dinas Kebudayaan Jl. Kemasan 39 Kotagede, dengan mengedepankan protokol Kesehatan yang ketat.

FGD ini mengusung tema “Pengembangan Desa Pemajuan Kebudayaan: Penguatan Ekosistem Kebudayaan melalui Pendekatan Partisipatif untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Baca juga: Petani Jangan Terkecoh, Hujan Turun Hanya Bersifat Sementara

Kegiatan ini juga menghadirkan tiga peneliti dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan yaitu Kaisar Julizar (Analis Kebijakan Ahli Pertama), Romeyn Perdana Putra (Peneliti Ahli Pertama), dan Hendra Permana (Pengelola Barang Milik Negara).

Menurut Kadis Kebudayaan Yetti Martanti, Pemkot Jogja melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja berupaya untuk memperluas sebaran kantong budaya di tingkat kelurahan. Hingga tahun 2021 ini, sudah ada 21 rintisan kelurahan budaya di Kota Jogja.

Dari hasil pertemuan ini diharapkan dapat terjalin kerjasama dan sinergi antara Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dan Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) untuk melestarikan dan memajukan kebudayaan Kota Jogja mengingat begitu banyak potensi budaya yang ada di kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement