Taman Pintar Akan Gelar MOS Virtual, Terbuka untuk Siswa Baru

Taman Pintar Yogyakarta. - Antara
07 Juli 2021 11:57 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, GONDOMANAN – Taman Pintar Jogja gelar kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) secara virtual untuk menumbuhkan semangat sekolah meski masih dalam situasi pandemi Covid-19. Terlebih rencana Pembelajaran Tatap Muka tahun ajaran baru pada bulan Juli ini juga urung terlaksana.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Taman Pintar, Retno Yuliani, menumbuhkan semangat belajar ini perlu untuk siswa-siswi dalam menyambut jenjang awal di tingkat selanjutnya.

BACA JUGA : Taman Pintar Tutup di Tengah Tren Peningkatan Kunjungan

Dengan program ini, Taman Pintar sebagai sebuah science center menawarkan warna baru pada pelaksanaan MOS. Bertajuk MOS Pintar, kegiatan ini melanjutkan tradisi tiap sekolah dalam laksanakan MOS.

“Program ini merupakan kegiatan rutin Taman Pintar yang dilaksanakan setiap memasuki awal tahun ajaran baru. Program ini awalnya ditujukan untuk sekolah yang berada di area Kota Jogja, namun dengan konsep virtual menjadikan program ini dapat diikuti oleh sekolah-sekolah yang lebih luas yaitu di lingkup nasional maupun internasional. MOS Pintar memiliki misi untuk memberikan pengalaman belajar yang baru dan mendekatkan sains kepada siswa sekolah,” kata Retno dalam rilis tertulisnya, Rabu (7/7/2021).

Nantinya peserta MOS Pintar akan berkeliling secara virtual ke dalam Gedung Oval-Kotak dan mendapatkan materi tematik dari berbagai narasumber. Adapun beberapa narasumber berasal dari berbagai bidang seperti BNN atau Farmasi atau Rapel. Peserta juga bisa mendapat tambahan layanan berupa science show atau workshop. Ada dua jenis paket dengan dua gelombang setiap harinya.

BACA JUGA : Inovasi Baru Taman Pintar Jogja, Keliling Secara Virtual

Pelaksanaan MOS Pintar berlangsung dari 12-17 Juli 2021. Adapun biaya MOS Pintar per orang beragam, sesuai paket yang dipilih. Biaya berkisar Rp12.000, Rp22.000, Rp40.000 dan Rp57.000 perorang. Setelah mendaftar dan mendapat akses dari penyelenggara, peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan melalui aplikasi zoom.

“Tujuan dari MOS Pintar untuk mendekatkan sains pada siswa sekolah, memperluas wawasan keilmuan di luar pelajaran sekolah, mengajak pelajar untuk lebih peduli pada diri sendiri dan sekitarnya, serta memberikan pemahaman tentang bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang,” kata Retno.