Advertisement

PPKM Darurat, Kraton Jogja Tiadakan Garebeg Besar 2021

Yosef Leon
Selasa, 20 Juli 2021 - 10:47 WIB
Sunartono
PPKM Darurat, Kraton Jogja Tiadakan Garebeg Besar 2021 Foto Ilustrasi, salah satu gunungan diarak keluar dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dalam proses Grebeg Besar sebelum masa pandemi Covid-19. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, KRATON -Kraton Jogja meniadakan arak-arakan prajurit dan Gunungan Garebeg Besar dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Adha, Selasa 20 Juli 2021/10 Zulhijah Jimakir 1954. Keputusan itu diambil karena berkaitan dengan masih diberlakukannya status PPKM Darurat di wilayah DIY.

 GKR Condrokirono, Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura menyampaikan, prosesi pembagian ubarampe Garebeg Besar kali ini dilakukan dengan sangat hati-hati. Hal itu mengingat masih dalam suasana pandemi dan dalam masa PPKM, pembagian ubarampe Gunungan hanya dibagikan terbatas kepada para Abdi Dalem.

Advertisement

BACA JUGA : Kraton Jogja Tiadakan Garebeg Syawal Tahun Ini

Hal berbeda dengan tahun sebelumnya ubarampe dibagikan selesai dalam sehari, tahun ini ubarampe gunungan dibagikan bertahap selama lima hari sejak tanggal 20-24 Juli 2021."Semua ini dilakukan oleh Kraton Yogyakarta agar betul-betul mengikuti prosedur dalam PPKM untuk mengurangi kerumunan," ujarnya, Selasa (20/7/2021).

Ia menambahkan, ubarampe gunungan yang dibagikan ke Pura Pakualaman dan Kepatihan dilaksanakan pada hari yang berbeda, hal ini dimaksudkan untuk meniadakan kerumunan.

"Meski demikian, esensi pelaksanaan Garebeg tidak berkurang, yakni sebagai ungkapan syukur dan sedekah dari raja kepada kerabat dan rakyatnya. Prosesi ini juga sebagai wujud konsistensi keraton dalam menjaga tradisi leluhur meski dalam keterbatasan," katanya.

BACA JUGA : Garebeg Syawal, Kraton Jogja Bagikan 3.000 Ubo Rampe

Di samping itu, segala kegiatan pementasan paket wisata Kraton Jogja juga masih diliburkan hingga waktu yang tidak dapat ditentukan. Namun demikian, pada masa pandemi ini, Keraton Jogja justru semakin giat menghadirkan konten seputar kraton melalui media sosial dan Youtube Kraton Jogja yang dikelola Tepas Tandha Yekti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement