Bansos Tunai di Bantul Mulai Dicairkan, PKH & BPNT Kapan?

Ilustrasi uang. - Bisnis/ Paulus Tandi Bone
21 Juli 2021 12:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Bantuan Sosial Tunai (BST) pusat telah dibagikan mulai pekan ini. Tak hanya BST, sejumlah bantuan pun bakal segera menyusul dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepastian penyaluran BST pusat disampaikan oleh Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bantul, Pulung Haryadi. "BST pekan ini sudah mulai, lewat Kantor Pos," ujarnya pada Rabu (20/7/2021).

BACA JUGA : Ingin Mengecek Bansos Tunai? Cukup Gunakan Nomor KK

Bantuan yang bakal digelontorkan pemerintah disebutkan Pulung tidak hanya BST. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hingga bantuan beras juga telah disiapkan.

Khusus bantuan PKH dan BPNT, ditargetkan Pulung juga bakal mulai dibagikan pekan ini. Dengan demikian ketiga bantuan sosial bisa segera bisa dibagikan ke masyarakat dalam kurun waktu tak jauh beda. "Pekan ini diharapkan sudah bisa jalan tiga itu [BST, PKH, dan BPNT]. Kalau yang beras kita tetap menunggu dari pusat," jelasnya.

Secara rinci Pulung menjelaskan Kabupaten Bantul memperoleh BST untuk dua bulan yakni untuk Juli dan Agustus dengan nominal Rp300.000 per bulan. Sasaran BST disebutkan Pulung mencapai 15.348 KPM.

Sementara untuk bantuan PKH, terdapat 54.170 KPM yang disasar menerima bantuan. Bantuan akan mencakup tiga bulan yakni Juli, Agustus, dan September yang disalurkan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Bantuan PKH yang bakal diberikan senilai Rp300.000 per bulan.

BACA JUGA : Bansos Tunai Rp600.000 Segera Cair! Login cekbansos.kemensos.go.id

Selanjutnya bantuan lainnya yakni BPNT, akan diberikan kepada warga untuk periode bulan Juli dan Agustus dengan nominal Rp200.000 per bulan. Penyaluran bantuan disebutkan Pulung akan melalui sejumlah bank yang ditunjuk. Total 74.757 KPM disasar melalui bantuan PKH.

"Untuk PKH dan BST memperoleh tambahan beras 10 kilogram disalurkan melalui Bulog," katanya.

Lebih lanjut Pulung menuturkan bahwa sasaran penerima bantuan BST, PKH, maupun BPNT merupakan data yang berbeda. Sehingga tidak ada penerima yang menerima bantuan ganda.

Di luar ketiga bantuan tadi, masih terdapat bantuan beras yang diperuntukkan kepada warga Bantul. Adapun bantuan beras sebanyak 3000 paket beras seberat lima kilogram per paket. Akan tetapi dijelaskan Pulung penerima paket bantuan beras lima kilogram menyasar warga di luar penerima bantuan sosial PKH, BST, maupun BPNT.

BACA JUGA : Beras 10 Kg & Bansos 300.000 untuk Warga Bantul Segera Cair

"Nanti kalau sudah datang [bantuan beras] ya langsung kita sampaikan. Karena kita juga sudah punya datanya, yang masuk DTKS tapi belum menerima bantuan itu [PKH, BST, dan BPNT]," ucapnya.

Sebelumnya Sekretaris Sekda Bantul, Helmi Jamharis menyampaikan bila Pemkab Bantul telah mengundang PT. Pos selaku penyalur bantuan BST. Dia berharap bantuan bisa sesegera mungkin sampai ke masyarakat. "Ya bisa dimulai secepat mungkinlah maksimal bulan Agustus pertengahan [penyaluran] sudah selesai," katanya.