Advertisement

Pemilik Indekos Perlu Mendukung Penghuninya yang Isoman

Lugas Subarkah
Kamis, 22 Juli 2021 - 07:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemilik Indekos Perlu Mendukung Penghuninya yang Isoman Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Masih banyaknya kasus Covid-19 dan penuhnya rumah sakit rujukan Covid-19, membuat banyak warga termasuk anak indekos menjalani isolasi mandiri (isoman). Seluruh masyarakat diimbau mendukung upaya isoman ini, termasuk pemilik indekos.

Panewu Depok, Abu Bakar, menjelaskan untuk anak indekos yang positif Covid-19 dan indekosnya memenuhi persyaratan sebaiknya menjalani isoman. “Lebih baik isoman saja kalau kamar mandi terpisah dan bisa tidak sering keluar kamar,” ujarnya.

Advertisement

Untuk itu ia mengimbau Kepala Dukuh hingga Ketua RT senantiasa mengingatkan pemilik indekos untuk mendukung isoman yang dijalani anak kos di tempatnya. “Ngasih pengertian ke pemilik indekos, mendingan isoman saja kalau fasilitas mendukung, makanan bisa pesan online,” katanya.

Di samping itu ia juga meminta anak indekos atau pemiliknya berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kalurahan, untuk dapat memantau kondisi pasien serta mendapatkan kebutuhan yang diperlukan seperti obat-obatan dan vitamin.

Baca juga: Sebanyak 78 Warga DIY Hari Ini Meninggal Dunia karena Covid-19

Sementara jika fasilitas indekos tidak memungkinkan untuk isoman, maka penghuni sebaiknya melakukan isolasi di selter yang saat ini sudah tersedia baik di tingkat kalurahan, kapanewon, maupun selter umum seperti selter Syantikara, Asrama Haji, yang bisa diakses masyarakat umum.

Salah satu pasien positif Covid-19 yang indekos di wilayah Depok, Evi, menjalani isolasi di Selter Asrama Haji. Ia mengatakan di indekosnya sebenarnya memungkinkan untuk isoman, namun karena ada dua anak yang positif dan menghormati teman indekos lainnya, ia pun memilih isolasi di selter.

Ia menjelaskan untuk kamar mandi di kosnya meski terletak di luar kamar tapi bisa dipisah dengan anak kos lainnya. Sementara dari pemilik indekos juga tidak mempermasalahkan isoman. “Ada lima kamar, tapi saya menghormati teman kos yang lain, jadi memilih isolasi di selter,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement