Revitalisasi Pedestrian Sudirman Segera Dimulai

Proyek pengerjaan penataan kawasan simpang Tugu dan penataan kawasan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman mulai dikerjakan-Harian Jogja - Catur Dwi Janati
24 Juli 2021 15:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, UMBULHARJO – Pengerjaan revitalisasi pedestrian Jalan Sudirman, Jogja akan segera berlangsung. Saat ini sedang tahap perencanaan akhir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Hari Setya Wacana menyatakan pekan depan akan ada koordinasi dengan pihak ketiga. Koordinasi ini akan membahas terkait tahapan-tahapn pekerjaan fisik, termasuk memastikan pengerjaan tepat waktu.

BACA JUGA : Puluhan PKL di Jalan Jenderal Sudirman Jogja 

Sementara untuk pengerjaan pedestrian dengan anggaran Rp20 miliar dari dana keistimewaan ini kemungkinan berlangsung awal Agustus 2021. Adapun waktu untuk pemenang lelang dalam menyelesaikan revitalisasi selama 150 hari.

"Jika dirasa seluruh persiapannya sudah matang, maka bisa langsung dilakukan pekerjaan fisik di lapangan atau bisa saja dimulai awal Agustus," kata Hari, Jumat (23/7/2021).

Salah satu proses yang menjadi perhatian yaitu ducting untuk kabel fiber optik dan listrik. Proses ini untuk pedestrian Jalan Sudirman dari simpang Galeria Mal hingga simpang Gramedia. Perlu adanya koordinasi dengan PT. PLN. Namun dari revitalisasi sebelum-sebelumnya semua pihak mendukung, termausuk PT. PLN.

Pohon-pohon besar yang ada di sepanjang pedestrian juga tidak akan ditebang. Hanya akan ada proses merapikan. Sementara untuk bagian trotoar akan ada proses penataan taman. Bagian taman tidak lagi dibuat dengan pembatas, tetapi ada perubahan agar pedestrian tampak lebih lapang dan nyaman bagi pejalan kaki.

BACA JUGA : Revitalisasi Trotoar Jenderal Sudirman Dimulai dari Tugu

"Lebar existing taman yang ada sekarang dimungkinkan akan dikecilkan sehingga ruang untuk pejalan kaki menjadi lebih luas," kata Hari.

Pengerjaan awal kemungkinan untuk sisi utara, baru setelah itu sisi selatan. Hal ini mengingat keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Ke depan, akan ada penataan PKL dari tempat semula ke tempat lain yang tidak jauh, salah satunya di Jalan Sam Ratulangi.

"Sebagai gambaran, konsep penataan tahap terakhir ini akan sama seperti penataan pedestrian Jalan Sudirman dari ruas Gramedia hingga Jembatan Gondolayu yang sudah kami selesaikan pada 2019," kata Hari.