9.210 Mahasiswa Baru Diterima UGM, Upacara Penerimaan Digelar Daring

Kampus UGM - Istimewa
02 Agustus 2021 15:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- UGM menerima 9.210 mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma IV Tahun Akademik 2021/2022. Upacara penerimaan mahasiswa dilakukan secara daring dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, Senin (2/8/2021).

Rektor UGM, Panut Mulyono, menuturkan dalam 71 tahun perjalanan, UGM selalu berusaha memberikan fasilitas terbaik untuk mendukung seluruh sivitas akademika dalam mengembangkan kreativitasnya. Kreativitas mahasiswa saat ini juga akan lebih dapat disalurkan dan diapresiasi dengan adanya program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Mahasiswa baru diharapkan mampu memegang dan melanjutkan estafet perjuangan dengan terus mengembangkan minat dan bakat, serta meningkatkan potensi diri melalui berbagai kreasi. Peningkatan potensi diri Gamada dapat diraih melalui keaktifan di berbagai kegiatan akademik maupun non-akademik.

Baca juga: Sejumlah Pekerja Kehilangan Mata Pencaharian selama PPKM

“Hal ini mendorong dan menantang civitas UGM semua untuk menorehkan prestasi-prestasi baru yang membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia, di tengah kondisi yang penuh tantangan sekalipun termasuk pandemi Covid-19,” ujarnya.

Berbagai penelitian dilakukan dan membuahkan hasil nyata untuk penanganan pandemi Covid-19. Kegiatan pengabdian untuk kemanusiaan juga dilakukan dalam penanganan Covid-19 dengan melibatkan berbagai pihak.

Ia berpesan untuk selalu mengusung segenap modal sosial yang tersebar di seluruh penjuru negeri untuk mencapai kesejahteraan sosial yang dicita-citakan. “Mengabdilah dan terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dimanapun kalian berada dengan mematri nilai-nilai dan jati diri UGM,” katanya.

Baca juga: Jadwal Olimpiade Tokyo 2 Agustus 2021: Greysia/Apriyani Mengejar Emas

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM, Djagal Wiseso Marseno, mengatakan pada tahun ajaran akademik 2021/2022, UGM menerima sebanyak 9.210 mahasiswa baru yang terdiri dari 7.798 mahasiswa Program Sarjana dan 1.412 mahasiswa Program Diploma IV atau Sarjana Terapan.

“Pada Program Sarjana, jumlah lulusan sekolah menengah yang memilih UGM baik sebagai pilihan 1, 2, maupun 3 sejumlah 165.123 orang yang tersebar di 70 program studi. Sedangkan yang memilih Program Diploma IV/Sarjana Terapan pada tahun ini 21.063 untuk 21 program studi,” ujarnya.

Selain menerima mahasiswa dari berbagai daerah di tanah air, UGM juga menerima mahasiswa asing dari Iran, Qatar, Uni Emirat Arab dan lain sebagainya. Mereka mengikuti program double degree atau program sarjana. Adapun mahasiswa termuda yang diterima tahun ini adalah Mutiara Anindyana Hapsari yang diterima di Fakultas Farmasi, dengan usia 15 Tahun, 7 Bulan, Dan 22 hari.