Bantu Pasien Covid-19, Garda Pemuda NasDem DIY Ajak Donor Plasma Konvalesen

Sejumlah pendonor mengikuti aksi donor darah di Kantor DPW NasDem DIY, Sabtu (14/8 - 2021)/Ist
15 Agustus 2021 08:37 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Para penyintas Covid-19 didorong untuk terlibat dalam aksi donor plasma konvalesen. Aksi kemanusiaan tersebut bertujuan untuk membantu dan memenuhi kebutuhan darah bagi pasien Covid-19 saat ini.

Ketua Garda Pemuda NasDem DPW DIY Sobri Emiga Sando mengatakan hingga kini kebutuhan plasma konvalesen di DIY masih belum terpenuhi. Kondisi ini tidak terlepas dari masih tingginya kasus aktif Covid-19 di DIY. "Bukan masa sekarang saja, sejak awal pandemi kebutuhan plasma konvalesen selalu tidak terpenuhi. Semenjak terapi plasma konvalesen terbukti membantu penyembuhan pasien Covid-19," katanya, Sabtu (14/8/2021).

Tidak terpenuhinya stok plasma konvalesen di DIY, lanjut Iga, salah satunya karena kurang adanya edukasi kepada penyintas Covid-19. Selain itu, tidak semua penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma konvalesennya. Sebab donor plasma ini bisa dilakukan jika lolos uji laboratorium. Jika memenuhi syarat, pendonor bisa mendonorkan plasmanya.

BACA JUGA: Dosen UGM: Lindungi Hewan Peliharaan dari Covid-19!

"Meski semua orang bisa mendonor tapi tidak semua lolos. Ini yang menyebabkan stok plasma konvalesen di DIY sedikit. Oleh karenanya kami mendorong para kader dan masyarakat untuk melakukan aksi kemanusiaan ini," ujarnya.

Iga mengatakan, kegiatan donor tersebut diikuti oleh sekitar 65 peserta di mana 40 orang pendonor merupakan kader NasDem DIY. Untuk memenuhi protokol kesehatan, katanya, aksi donor darah tersebut dibagi dalam dua sif pagi dan siang. "Kami berharap kegiatan ini bisa menginspirasi para pemuda lainnya dan penyintas Covid-19 untuk terlibat dalam aksi sosial ini," katanya.

Politisi NasDem Yogyakarta Aulia Reza Bastian menilai kebutuhan plasma konvalesen di DIY masih sangat tinggi karena masyarakat yang terpapar dan meninggal akibat Covid-19 juga masih tinggi. Hingga Sabtu (14/8/2021) kasus aktif di DIY berdasarkan data Satgas Covid-19 DIY sebanyak 27.174 kasus.

Dia mengapresiasi Garda Pemuda NasDem yang terus mendorong aksi kemanusiaan itu untuk membantu menyelamatkan nyawa orang lain dengan mendonorkan darah maupun plasma konvalesennya.

"Kader Garda Pemuda NasDem khususnya harus menjadi garda terdepan dan menjadi ujung tombak partai dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat," ujar Aulia. (*)