Tingkat Penularan Covid Turun, Masih Ada RT Zona Merah di Gunungkidul

Ilustrasi - Antara/Irwansyah Putra
23 Agustus 2021 18:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan Gunungkidul mengklaim tingkat penularan Covid-19 berangsur-angsur menurun. Meski demikian, tetap saja masih ada RT yang masuk zona merah.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan peta zonasi kerawanan Corona dilakukan pembaharuan setiap satu pekan sekali. Namun untuk yang terbaru, ia mengaku belum bisa menyajikan karena masih dalam proses pendataan. “Update dilakukan setiap Senin,” katanya, Senin (23/8).

Adapun hasil pendataan berdasarkan penularan kasus Corona periode 9-15 Agustus, di Gunungkidul ada lima RT yang masuk zona merah. Empat RT berada di Kapanewon Karangmojo dan satu RT berlokasi di Kapanewon Ponjong. “Untuk zona hijau ada 6.126 RT, zona kuning ada 697 RT dan 27 RT masuk zona oranye,” katanya.

Dewi pun optimistis jumlah RT zona merah maupun oranye akan berkurang seiring dengan menurunnya jumlah kasus penyebaran Corona. Meski ada penurunan, ia mengingatkan kepada masyarakat tetap mewaspadai potensi penularan. “Memang trennya menurun. Tapi, tetap bisa meningkat kapan saja,” katanya.

Menurut dia, upaya penanggulangan sangat membutuhkan partisipasi dari masyarakat. Salah satunya disiplin menjalankan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona. “Penurunan kasus karena adanya PPKM. Tapi, kami tetap meminta kepada masyarakat untuk wasada dan berhati-hati tentang penyebaran virus corona yang masih jadi ancaman,” katanya.  

Sumber : JIBI/Bisnis.com