Pintu Masuk Parangtritis Disekat, Pengunjung Putar Balik

Penyekatan jalur ke arah Parangtritis, Minggu (5/9/2021). - Ist.
05 September 2021 17:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sejumlah warga yang hendak masuk kawasan Pantai Parangtritis terpaksa diputar balik di depan Pos Penyekatan TPR Parangtritis. Sementara itu wisatawan yang terlanjur masuk pun juga diimbau untuk segera meninggalkan area pantai.

Kepala Satpol PP Bantul, Yulius Suharta pada Minggu (5/9) menyampaikan penyekatan dilakukan di TPR Parangtritis sejak Sabtu dan Minggu pekan ini. Penyekatan dilakukan dari pagi hingga petang.

Tercatat sejumlah pengunjung yang hendak masuk ke TPR Parangtritis terpaksa putar balik. "Walaupun demikian menjadi situasi yang tidak mudah di lapangan. Karena adanya beberapa jalur. Khususnya jalur masuk Pantai Parangtritis menjadi jalan provinsi yang tidak bisa ditutup secara total, sehingga terobosan-terobosan di area pantai masih sangat dimungkinkan," ujarnya.

BACA JUGA : Sulit Disekat, Masih Ada Wisatawan Menyelundup Masuk

Akan tetapi wisatawan tak kalah lihai mengakali penyekatan. Yulius mendapat laporan bila beberapa wisatawan yang masuk ke area pantai, masuk sebelum penyekatan dimulai. Akibatnya petugas di lokasi pantai memberikan imbauan kepada wisatawan yang terlanjur masuk. "Bahwa pagi sebelum jam tujuh, mungkin tahu jam tujuh ada penyekatan, justru mereka bergerak lebih awal. Sehingga kita harus memberikan imbauan atau harus sedikit memaksa karena situasi saat ini, khususnya Kabupaten Bantul belum ada penurunan level PPKM," tuturnya.

Yulius menuturkan setidaknya ratusan orang mendapat imbauan dari Satpol PP untuk meninggalkan lokasi pantai maupun pemberlakuan penyekatan. "Karena kita lihat mobil-mobil yang terlanjur masuk juga puluhan dan kiranya satu mobil berkisar sekitar 4-5 orang yang ada di sana, bahkan bisa lebih," tandasnya.