GKPY Berikan Rumah Secara Cuma-cuma untuk Warga Kulonprogo

Bupati Kulonprogo Sutedjo saat meninjau rumah Warji warga Dusun Belik, Kalurahan Demangrejo, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo pemberian dari GKPY pada Minggu (12/9/2021). - Ist/Pemkab Kulonprogo
14 September 2021 08:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, SENTOLO-Guna membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19, Generasi Kulon Progo Yogyakarta (GKPY) secara bahu-membahu mendirikan rumah yang diperuntukkan kepada warga Dusun Belik, Kalurahan Demangrejo, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo. Rumah diberikan kepada salah satu warga secara cuma-cuma.

Ketua GKPY Maryadi mengatakan rumah yang didirikan oleh anggotanya tersebut diberikan kepada Warji, warga Dusun Belik, Kalurahan Demangrejo, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo yang hidup sebatang kara.

“Kami berusaha untuk membantu kinerja pemerintah karena tugas ini adalah tidak cuma tugas dari pemerintah tetapi juga tugas dari semua manusia untuk saling menolong, untuk saling membantu meringankan beban pemerintah mengatasi orang-orang yang mungkin notabene kurang beruntung pada saat ini untuk hidup lebih baik," kata Maryadi pada Senin (13/9/2021).

GKPY merupakan organisasi yang terbentuk dari perkumpulan masyarakat di Kulonprogo. Bantuan rumah yang diberikan dari GKPY untuk Warji sebagai bentuk realisasi dari moto yang dimiliki oleh GKPY.

Baca juga: Memprihatinkan, Kualitas Penyiaran Indonesia Terus Menurun

"Yakni nandur srawung lan tetulung dengan kegiatan bersama pemerintah Kabupaten Kulonprogo untuk menolong masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan dan terbentur oleh prosedur pemanfaatan bantuan dari pemerintah," ujar Maryadi.

Maryadi atau yang akrab dengan sapaan Mas Melot menjelaskan bahwa pada kesempatan tersebut GKPY memberikan bantuan rumah beserta isinya secara gratis. Pembuatannya memakan waktu 21 hari 21 malam.

"Pengerjaannya dilakukan secara gotong royong dari GKPY dan masyarakat sekitar dengan total biaya sekitar Rp25 Juta bersumber dari iuran GKPY dan sumbangan warga sekitar," kata Maryadi.

Sebagai penerima bantuan, Warji mengatakan bahwa dirinya bahagia mendapat bantuan rumah dari GKPY. Sebelumnya, ia hanya hidup menumpang di rumah warga Srikayangan. "Kepada teman-teman GKPY terima kasih, saya juga mengucapkan terima kasih kepada sama masyarakat Dusun Belik," ujarnya.