Dinas Pariwisata Gunungkidul Sosialisasikan Pembukaan Objek Wisata

Pengunjung sedang bermain di kawasan Pantai Kukup, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Jumat (14/5/2021). - Harian Jogja - David Kurniawan
16 September 2021 15:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Dinas Pariwisata Gunungkidul mulai mempersiapkan pembukaan kembali destinasi wisata dengan mengundang pokdarwis dan memberi pengarahan operasional pariwisata selama pandemi Covid-19.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan destinasi wisata di Bumi Handayani masih ditutup. Meski demikian, peluang dibuka kembali sangat terbuka lebar karena sekarang sudah ada beberapa objek di DIY yang diperbolehkan buka.

“Pembukaan sangat bergantung dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah DIY. Sambil menunggu, kami harus mulai mempersiapkan,” kata Hary kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

“Besok kami adakan pertemuan dengan pokdarwis untuk persiapan sekaligus sosialisasi rencana pembukaan destinasi.” 

Hary memperkirakan kawasan Pantai Baron hingga Kukup menjadi lokasi yang mungkin akan dibuka. “Kepastiannya masih menunggu pengumuman. Yang jelas, kami berharap masyarakat untuk bersabar terlebih dahulu,” katanya.

Anggota Pokdarwis Kampung Emas di Dusun Plumbungan, Putat, Patuk, Andri Purwanto, mengaku sudah mendapatkan undangan sosialisasi pembukaan objek wisata oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul. Ia menyambut baik rencana ini karena selama destinasi ditutup, pelaku wisata sangat terkena dampak dari kebijakan tersebut.

“Tentunya saya akan hadir karena ini menyangkut perkembangan pembukaan wisata,” katanya.

Andri berharap destinasi wisata bisa segera dibuka karena kebijakan tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. “Sehingga pengunjung tidak harus sembunyi-sembunyi untuk berwisata,” katanya.