Advertisement

Sampel Pengetesan Covid-19 di DIY Menurun, Ini Penjelasan Sekda

Ujang Hasanudin
Senin, 20 September 2021 - 23:17 WIB
Nina Atmasari
Sampel Pengetesan Covid-19 di DIY Menurun, Ini Penjelasan Sekda Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan penurunan sampel beberapa hari terakhir ini karena memang kasus Covid-19 menurun.

“Sampel itu kan dasarnya tracing, kalau yang di-tracing sediikit ya sampelnya menurun ya kan,” kata Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Senin (20/9/2021).

Baskara Aji mengatakan pengambilan sampel tergantung dari hasil tracing dan jumlah kasus positif. Jika kasus positifnya sedikit maka jumlah rang yang di tracing juga sedikit dan sampel yang diambil juga sedikit.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Baca juga: Penurunan Level PPKM Membuat Pemda DIY Waswas, Ini Alasannya

Pengambilan sampel dilakukan khusus hasil tracing, tidak termasuk orang yang akan bepergian kemudian melakukan tes PCR secara mandiri, “Misal orang mau bepergian harus di PCR itu ga masuk itungan. [penurunan sampel] karena kasus menurun, hasil tracingnya menurun kan,” ucap Baskara Aji.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih menambahkan selain karena penurunan kasus, jumlah sampel menurun sejak beberapa hari terakhir karena terjadi persoalan pendataan di New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

“Beberapa hari terakhir, sekitar 4 hari, aplikasi untuk mengunduh junlah sampel dari NAR ada masalah,” ujar Berty. Namun dia tidak menjelaskan terkait detail permasalahannya.

Baca juga: Pantai Gua Cemara Tunggu Persetujuan Pembukaan Terbatas

Akan tetapi saat ini sudah normal kembali. Namun dia mengakui akhir-akhir ini kasus Covid-19 DIY melandai. Meski demikian Berty berharap masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan. Menurut Berty kasus Covid-19 belum bisa dinyatakan melandai sepenuhnya, melainkan masih fluktuatif.

Advertisement

“Kasus saat ini belum bisa dipredeksi akan terus melandai, tergantung bagaimana kita semua taat pada prokes agar penularan dapat dihindarkan seminimal mungkin sehingga kasus dapat dikendalikan,” ujar Berty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Daftar 5 BLT yang Cair Pekan Ini, Dapat Rp300.000-Rp3 Juta

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement