Advertisement

Mantap! Tim Robot UNY Wakili Indonesia Ke China

Lugas Subarkah
Sabtu, 02 Oktober 2021 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Mantap! Tim Robot UNY Wakili Indonesia Ke China Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta - Instagram @universitasnegeriyogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Robot Maestro_Evo UNY meraih juara 2 dalam kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II dan Nasional Tahun 2021 pada kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) yang diselenggarakan secara daring pada akhir September lalu. Prestasi ini membawa Maestro_Evo menjadi perwakilan Indonesia pada ajang Internasional ABU Robocon 2021 di Jimo, China bersama juara pertama KRAI dari tim ITS Surabaya pada Desember mendatang.

Ketua Tim Maestro_Evo, Rizki Bagus Syahdewa, menjelaskan robot Maestro_Evo terdiri dari dua Robot yaitu Robot Arrow Robot (AR) dan Throwing Robot (TR). Robot AR sebagai pengambil panah dan dapat masuk ke throwing area untuk mengambil panah yang jatuh dan juga dapat sebagai penembak panah ke tong.

Advertisement

Sedangkan Robot TR hanya sebagai penembak panah ke tong. “Strategi dan keunggulan yang tim kita gunakan yaitu menggunakan dua robot sehingga bisa memberikan poin maksimal saat pertandingan,” ujarnya, Sabtu (2/10/2021).

Tim Maestro_Evo terdiri dari Ketua Rizki Bagus Syahdewa, Flovelia Apridias Pradinda sebagai Manajer, Naufan Alifiandi sebagai Operator Robot AR, Muhammad Rizqi Athoriq sebagai Operator Robot TR, Bondan Raharjo sebagai Programer, Muhammad Rizqi sebagai Elektronik, Muhammad Ihsan Safi'I sebagau Elektronik serta Azhar Abdul Fattah, Ahmad Rizal Rifani, G. Yudha Fatria Egiansyah dan Sutan Muharramsyah sebagai Mekanik.

BACA JUGA: Tinggal Ada Satu Isoter di Kota Jogja untuk Pasien Covid-19

Kelompok ini dibimbing oleh Herlambang Sigit Pramono dan Muhammad Luthfi Hakim. “Merupakan kebanggaan bagi UNY khususnya karena tim Maestro_Evo dapat mewakili Indonesia berlaga pada sebuah kompetisi internasional, kami mohon doa semoga dapat memberikan yang terbaik” kata Muhammad Luthfi Hakim.

Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon merupakan kompetisi robot internasional tahunan yang diikuti oleh mahasiswa dari negara Asia Pasifik. Sedangkan KRAI merupakan salah satu divisi yang ada pada KRI.

Dahulu Robocon ini bernama NHK Robocon dan sejak tahun 2002 NHK Robocon diubah menjadi ABU Robocon yang disponsori oleh ABU sebagai organisasi penyiaran program televisi yang memiliki lebih dari seratus anggota stasiun televisi dari berbagai negara di dunia.

Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI) sebagai anggota. TVRI bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional untuk memfasilitasi keikutsertaan Tim Robot dari Indonesia agar dapat bertanding dalam kontes Internasional ABU Robocon ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Barbados Mengumumkan Mengakui Palestina Sebagai Sebuah Negara

News
| Sabtu, 20 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement