Wali Kota Haryadi: Gelaran Wayang Jogja Night Carnival Akan Diawasi Ketat

Salah satu adegan dalam pertunjukan utama WJNC 2020 yakni pementasan lakon Babat Alas Mertani sebagai puncak HUT Kota Jogja ke 264. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
03 Oktober 2021 11:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, UMBULHARJO – Acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) ke-6 tahun 2021 menjadi contoh pertunjukan bauran. Selain berlangsung secara luring, acara ini juga terlaksana secara daring. WJNC merupakan acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-265 Kota Jogja pada 7 Oktober 2021.

Menurut Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, penyelenggaraan WJNC akan dikontrol dan diawasi dengan ketat. Pengisi acara serta kru yang mencapai 300 orang menerapkan prokes seperti memakai masker dan lainnya. Selain itu, para pengisi acara dan tamu undangan minimal vaksin dosis pertama. Sebelum acara juga seluruhnya harus tes swab antigen dengan hasil negatif.

BACA JUGA : Wayang Jogja Night Carnival 2021: Cara Bersyukur

Adapula penyiapan fasilitas cuci tangan yang dipastikan berfungsi dengan baik. Penerapan pembatasan kapasitas juga dilakukan untuk memastikan aturan jaga jarak dapat terpenuhi. Pengisi acara dan kru mendapat asuransi. Hal ini lantaran ada beberapa koreografi dengan gerakan yang cukup berbahaya.

“Seluruh aturan itu harus dilaksanakan. Tidak boleh ada permakluman sedikitpun. Semuanya harus terpenuhi dengan baik,” kata Haryadi, Jumat (1/10/2021).

Peringatan HUT Kota Jogja tahun ini merupakan yang kedua dalam kondisi pandemi Covid-19. Dengan tema Tanggap, Tanggon, dan Tuwuh, harapannya seluruh warga di Jogja bisa bangkit dari situasi pandemi.

Tanggap memiliki arti memiliki langkah atau respons yang cepat untuk beradaptasi dengan situasi yang juga bergerak dinamis. Tanggon dapat diartikan memiliki ketangguhan dan daya tahan yang baik dalam menghadapi keadaan yang tidak dapat diprediksi. Sementara Tuwuh memiliki arti kemampuan untuk terus hidup dan berkembang di segala situasi.

BACA JUGA : Wayang Jogja Night Carnival Digelar Secara Virtual

“Tema ini sesuai dengan kondisi pandemi yang masih harus dihadapi. Meski demikian, penanganan Covid-19 di Kota Jogja bisa dikatakan semakin baik, cakupan vaksinasi bahkan bisa 100 persen tepat pada HUT Kota Jogja,” kata Haryadi.

Di samping WJNC, rangkaian peringatan HUT Kota Jogja yang bisa dinikmati masyarakat secara daring yaitu dekorasi arsip foto, dan festival permainan rakyat. Kedua acara tersebut bisa dinikmati secara daring melalui YouTube Pemkot Jogja pada 3 Oktober dan 5 Oktober.