Sleman Usulkan Penambahan Uji Coba Objek Wisata

Taman Wisata Tebing Breksi, Sabtu (18/9/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
04 Oktober 2021 15:17 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Tiga objek wisata di Sleman yakni Tebing Breksi, Ratu Boko, dan Merapi Park, sudah dibuka dalam fase uji coba. Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman kembali mengajukan penambahan uji coba beberapa objek wisata lainnya.

Kepala Dispar Sleman, Suparmono, telah berkoordinasi dengan Pemda DIY untuk pengajuan penambahan uji coba objek wisata. Meski demikian, ia belum bisa menyebutkan mana saja objek wisata yang diusulkan.

BACA JUGA: PPKM Diperpanjang atau Tidak? Simak Kondisi Covid-19 Nasional Dahulu!

"Kami sudah usulkan lewat Dispar DIY. Sudah kami usulkan. Nanti kalau disetujui baru saya kasih tahu. Pengusulan sudah sejak Minggu [3/10/2021]," ujarnya, Senin (4/10/2021).

Pengusulan tersebut, kata dia, berdasarkan pada kesiapan objek wisata masing-masing. Sejumlah kriteria yang harus dipenuhi diantaranya adalah sertifikasi Clean, Health, Safety Environment (CHSE) dan kesiapan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, objek wisata yang diusulkan memiliki risiko kecil terhadap penularan Covid-19, yakni luar ruangan dan bukan wisata air. "Kami usulkan tetap yang outdoor dan bukan wisata air," katanya.

Berdasarkan data Dispar Sleman, per 4 Oktober di Sleman saat ini sudah ada setidaknya 15 objek wisata yang telah tersertifikasi CHSE. Sementara, 140 hotel, rumah makan, penginapan dan lainnya, sudah mengantongi sertifikat CHSE.

BACA JUGA: Pemerintah Diingatkan Agar Tidak Terburu-buru Menetapkan Status Endemi Covid-19

Ia mengakui ada beberapa objek wisata telah mendahului buka meski belum diinstruksikan. Namun menurutnya beberapa objek wisata tersebut memiliki rumah makan dan yang dibuka hanya rumah makannya. "Yang penting kalau mereka tetap jaga protokol kesehatan dan tidak berkerumun banget tidak apa-apa," ungkapnya.

Sementara di tiga objek wisata yang telah dibuka belum terlalu ramai lantaran masih banyak pengunjung yang ditolak masuk karena tidak memenuhi syarat khususnya membawa anak-anak di bawah 12 tahun.

"Breksi sekitar 400 pengunjung, Ratu Boko maksimal 200-an, Merapi Park sekitar 150," katanya.