Advertisement

Kota Jogja Dilanda Angin Kencang dan Hujan Deras, 3 Pohon Tumbang, 1 Talut Longsor

Sirojul Khafid
Selasa, 19 Oktober 2021 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Kota Jogja Dilanda Angin Kencang dan Hujan Deras, 3 Pohon Tumbang, 1 Talut Longsor Pohon tumbang akibat hujan deras di Kelurahan Demangan, Jogja, Senin (19/10/2021)-Ist - BPBD Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak tiga pohon tumbang dan satu talut longsor akibat hujan deras yang mendera Jogja, Senin (18/10/2021). Pohon tumbang terjadi di Kelurahan Semaki dan Demangan. Untuk talut longsor terjadi di Kelurahan Kotagede.

Selain itu, adapula atap rumah tertiup angin di Kelurahan Demangan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) patah di Kelurahan Baciro. Dari kejadian tersebut, selain berdampak pada gangguan jalan, ada beberapa rumah warga yang rusak di beberapa bagian. Adapula satu motor yang tertimpa pohon tumbang. Tidak ada laporan korban jiwa akibat hujan deras ini.

Advertisement

Menurut Kepala Seksi Data Informasi Komunikasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Ari Atmawan Prihandono, hujan deras bermula sekitar pukul 16.00 WIB. “Hujan deras disertai angin kencang, menyebabkan terjadinya kejadian beberapa titik di Kota Jogja,” kata Ari, Selasa (19/10/2021). “[Sejauh ini semua] sudah ditangani. Sudah diberikan bantuan [bagi yang terdampak.”

BACA JUGA: Diringkus KPK, Bupati Kuansing Andi Putra Terjerat Kasus Ini

Menjelang musim penghujan, BPBD Kota Jogja menyiapkan langkah-langkah antisipasi. Menurut Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Jogja, Bayu Wijayanto, langkah-langkah ini berupa mengirim surat himbauan peringatan kepada masyarakat, meng-update perkembangan cuaca, menyiapkan pasukan dan peralatan apabila terjadi kebencanaan, serta menguji coba sistem peringatan dini.

“Dalam poin memberi himbauan pada masyarakat, kami mengingatkan masyarakat agar waspada bencana yang ditimbulkan saat musim pancaroba dan musim hujan, seperti memangkas pohon, membersihkan saluran air, dan sebagainya,” kata Bayu, Selasa (12/10/2021).

Menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, musim penghujan akan berlangsung pada akhir Oktober ini. “Semua pinggiran sungai kami anggap rawan,” kata Bayu saat ditanya daerah rawan bencana air di Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement