Mahasiswa Ciptakan Permainan Berbasis Kesejahteraan Psikologis, Cocok untuk Kontrol Emosi Siswa

Empat mahasiswa menunjukkan perangkat manual The Hexa Personality Game bersama dosen pembimbing (tengah). - Ist.
02 November 2021 06:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Permainan memberikan pengaruh terhadap psikologi remaja. Sebuah permainan psikologi dengan berbasis teori kesejahteraan psikologi diciptakan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Tim ini berhasil meraih medali perak sekaligus mengantarkan UAD menjadi paling unggul dalam Pimnas 34 tahun 2021 untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Keempat mahasiswa yang tergabung dalam tim ini adalah Fatimah Azzahra, Aldasya Devi Latfianti, Ainun Zanjabila Maksurah dan Dhea Alifia Subyantoro, mereka adalah mahasiswa semester VII Prodi Psikologi.

BACA JUGA : Mahasiswa Sajikan Inovasi Baru Mendeteksi E.coli

“Kami mengamati saat pandemi ini karena sering belajar online, banyak siswa yang emosinya kadang tidak terkontrol seperti mudah marah. Kami membuat sebuah permainan untuk mensejahterakan psikologis siswa dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa,” kata Ketua Tim Fatimah Azzahra, Senin (1/11/2021).

Kesejahteraan psikologis yang dimaksud adalah kemampuan individu untuk menerima diri, sehingga individu mampu merumuskan tujuan hidup dan memiliki keinginan untuk mengembangkan dirinya. Kelompok ini membuatnya melalui karya ilmiah bertajuk karya ilmiah berjudul Metode the Hexa Personality sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA Negeri 1 Ngemplak di Masa Pandemi Covid-19.

“Bentuk permainannnya bisa dilakukan secara manual lewat game board, tetapi juga bisa dilakukan secara online aplikasi The Hexa Personality Game ini bisa diunduh di playstore,” kata Ainun Zanjabila Maksurah.

BACA JUGA : Keripik Debog Pisang Inovasi Mahasiswa Stikom Dapat

Objek game berbentuk segienam yang setiap pinggirannya ada bentuk segi empat warna yang berbeda. Setiap pemain memiliki warna tersendiri yang tidak boleh menduduki kotak segi empat tersebut dengan warna yang sama. Permainan ini bisa dilakukan enam orang, mereka melempar dadu kemudian menjalankan permainan melewati setiap segi empat sesuai dengan angka dadu. Jika pemain berada di kotak dengan warna yang berbeda maka ia akan mendapatkan satu kartu sesuai dengan warna kotak tersebut. Di dalam kartu itulah kemudian terdapat pertanyaan tentang kepribadian yang harus dijawab oleh pemain.

“Saat ini memang baru satu sekolah yang menggunakan permainan ini, kami akan sosialisasikan ke sekolah lain agar bisa menerapkan permainan ini untuk membentuk kesejahteraan psikologis pada siswa,” kata Fatimah.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD Gatot Sugiharto menyatakan selain dari tim Prodi Psikologi ada dua tim perwakilan UAD yang mendapatkan predikat Juara Favorit pada Pimnas 34. Yaitu dari Fakultas Kedokteran serta Fakultas Sains dan Teknologi Terapan mengangkat tentang Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada Anak dengan Buku Permainan Mazzle. Kemudian satu tim lagi mengangkat tentang Potensi Senyawa Flavonoid Tanaman Krokot (Portulaca Oleracea) sebagai Terapi Hipoksia secara in Vivo.

“Dari 7 tim yang berpartisipasi di Pimnas, tiga tim menyabet medali perak dan dua tim juara favorit. Capaian ini membuat UAD berada di level tertinggi capaian Pimnas 34 untuk kategori PTS,” katanya.