Advertisement

Awas! Petani Diminta Antisipasi Cuaca Ekstrem

David Kurniawan
Kamis, 18 November 2021 - 07:57 WIB
Sunartono
Awas! Petani Diminta Antisipasi Cuaca Ekstrem Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI – Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul mulai mengantisipasi dampak cuaca ekstrem terhadap sektor pertanian. Rencananya akan ada surat edaran untuk kelompok tani berkaitan dengan antisipasi cuaca ekstrem.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Rismiyadi mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG, cuaca ekstrem bisa mengganggu di sektor pertanian. Oleh karenanya ada upaya pemetaan daerah rawan banjir yang berpotensi merusak lahan pertanian.

Advertisement

“Selain mapping juga ada identifikasi terhadap endemis serangan organism yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman,” katanya, Rabu (17/11).

Dia menjelaskan, upaya lain untuk antisipasi dengan membuat edaran ke kelopok petani. Adapun draf edaran sudah dibuat dan sedang menunggu persetujuan dari Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul. “Masih kami ajukan,” katanya.

Rismiyadi menambahkan, inti dari edaran merupakan bentuk antisipasi menghadapi cuaca esktrem. Salah satunya, petani diminta menanam lebih awal karena puncak dari genangan air hujan akan terlihat di Desember mendatang. “Diharapkan petani juga memilih bibit unggul yang tahan terhadap serangan hama maupun genangan,” katanya.

Selain itu, sambung dia, petani juga diminta melakukan normalisasi saluran air melalui gerakan irigasi bersih. Diharapkan dengan berbagai upaya ini dapat mengurangi risiko terjadinya genangan di lahan pertanian. “Mudah-mudahan dengan antisipasi ini sektor pertanian dapat tumbuh dengan baik, meski ada potensi terjadinya cuaca ekstrem di musim hujan kali ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 10 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement