Advertisement

Belum Dibahas, Beban Berat Ringroad setelah Tol Jogja Solo Beroperasi

Abdul Hamied Razak
Senin, 22 November 2021 - 08:37 WIB
Sunartono
Belum Dibahas, Beban Berat Ringroad setelah Tol Jogja Solo Beroperasi Petugas pengukuran jalan tol Solo-Jogja merampungkan pekerjaannya di Kranggan, Polanharjo, Klaten, Kamis (6/8/2020). - Solopos.com/Ponco Suseno

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Dinas Perhubungan (Dishub) DIY sudah mengusulkan ke Pusat untuk membahas potensi dan beban berat jalan ring road jika tol Jogja-Solo beroperasi. Namun hingga kini, Pusat belum membahas masalah tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan status jalan Ring Road merupakan jalan nasional dan hal itu menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan [Kemenhub]. "Jadi kewenangan nasional tidak kami bahas kecuali yang berimpitan dengan jalan provinsi," kata Made saat dihubungi Harian Jogja, Minggu (21/11).

Advertisement

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Seksi Kartasura-Purwomartani Selesai 

Hanya saja, lanjut Made, Pemda DIY sudah merespon pengembangan jalan tol Jogja Solo dengan membangun jalan baru di exit tol Bokoharjo, Prambanan. Ruas jalan yang dimaksud adalah jalan yang menghubungkan Prambanan ke Gunungkidul. "Kami sudah usulkan ke Kemenhub untuk membahas soal ring road tapi belum ada rencana. Termasuk membahas jalan-jalan sirip di ring road," katanya.

Pemda DIY sudah memprediksi bertambahnya volume kendaraan yang akan melewati ring road jika tol Jogja-Solo seksi 1 beroperasi pada 2023 mendatang. Hanya saja, berapa penambahan jumlah kendaraannya masih belum dihitung. Sebab pembahasan soal tersebut menjadi kewenangan Pusat karena status jalan ring road merupakan jalan nasional.

BACA JUGA : Kaya Mendadak karena Tol Jogja-Solo, Puluhan Warga

"Pemda sudah berfikir ke arah sana [membahas soal ring road setelah tol beroperasi]. Kami terus lakukan komunikasi dan koordinasi juga selalu kami lakukan dan pembahasannya berdasarkan skala prioritas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement