Advertisement

Kangen Jogja Edisi 5, Kemantren Tegalrejo dengan Segala Potensinya

Media Digital
Selasa, 30 November 2021 - 03:37 WIB
Budi Cahyana
Kangen Jogja Edisi 5, Kemantren Tegalrejo dengan Segala Potensinya Tengkapan layar para seniman Tegalrejo sedang menampilkan kreasinya di tayangan Kangen Jogja Edisi Ke-5 di Youtube Dinas Pariwisata Kota Jogja. - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Kemantren Tegalrejo memiliki aneka ragam potensi seni, budaya dan wisata. Hal ini membuat Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja mengangkat potensi tersebut dalam Kangen Jogja Edisi Ke-5, yang disiarkan di kanal Youtube Dispar Kota Jogja mulai Senin (29/11/2021) pukul 19.00 WIB. 

Dalam siaran tersebut disajikan berbagai tarian dari para seniman lokal Tegalrejo. Ada Tarian Pesona Indonesia, Tarian Sabdatama, Tarian Batok, Tarian Warodya Wiratama, Tari Caping Ayu, Penampilan Oglek, Penampilan Fragment Diponegoro, dan Campursari.

Advertisement

Untuk potensi kerajinan, Tegalrejo memiliki Batik Hanacaraka, Sanggar Iqra' Hanacaraka dan Daur ulang kayu bekas. Tidak hanya itu, Tegalrejo juga memiliki kekayaan kuliner, di antaranya,  Jajan Pasar, Jamu Gendong, Soto Pak Soleh sampai Sop Buntut Pak Sugeng. 

Soto Pak Soleh misalnya. Warung di Kelurahan Tegalrejo ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Pemilik Soto Pak Soleh, Siti Rofiah mengungkapkan jika ayahnya memulai berjualan soto secara keliling ke kampung-kampung. 

"Awalnya dipikul dari kampung ke kampung, terus ada langganan," kata Rofiah.

Setelah memiliki langganan, lokasi berjualan Soto Pak Soleh menetap di sekitar Alun-Alun Selatan Kota Jogja. Dalam perkembangannya, lokasi berjualan di rumah pribadi di kawasan Purwodiningratan.

"Kemudian sejak 1982,  baru Soto Pak Soleh pindah ke Kelurahan Tegalrejo sampai sekarang," katanya. 

Tidak hanya Kemantren Tegalrejo, Kangen Jogja sebelumnya telah menayangkan potensi dari kemantren-kamantren lain di Kota Jogja. Kepala Dispar Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko berharap acara Kangen Jogja mampu membantu wisatawan mengenal lebih dekat dengan Kota Jogja. Selain itu, bisa membantu pemulihan pariwisata.

"Keindahan yang berpadu dengan kelestarian budaya membawa daya tarik tersendiri sehingga menarik untuk dikunjungi. Banyaknya daya tarik wisata, oleh-oleh dan kuliner khas membuat Kota Jogja menjadi salah satu tujuan utama wisatawan, baik domestik maupun mancanegara," kata Wahyu. 

Wahyu juga menyadari pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh Indonesia dan belahan dunia berdampak ke Kota Jogja. Utamanya dari penurunan angka kunjungan wisatawan.

"Oleh karena itu harus ada banyak terobosan dalam hal mempromosikan pariwisata Kota Jogja agar dapat meningkat kembali minat kunjungan wisatawan ke Kota Jogja," jelas Wahyu. 

Sebagai upaya untuk bangkit, Dispar Kota Jogja juga terus mendorong eksistensi pariwisata di seluruh wilayah.

"Termasuk dengan menampilkan serangkaian acara budaya dan mengenalkan potensi kerajinan dan kuliner yang ada melalui acara Kangen Jogja dan salah satunya di Kemantren Tegalrejo ini," kata Wahyu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement