Advertisement

Satpol PP Siap Dikerahkan untuk Amankan Relokasi PKL Malioboro

Jumali
Kamis, 09 Desember 2021 - 16:37 WIB
Sunartono
Satpol PP Siap Dikerahkan untuk Amankan Relokasi PKL Malioboro Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah instansi di lingkungan Pemda DIY sudah menyiapkan program untuk penataan dan relokasi PKL Malioboro. Satpol PP sebagai sektor yang menangani pengamanan siap menerjunkan personelnya untuk melakukan pengamanan.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad menyatakan siap menerjunkan personel untuk relokasi dan penataan PKL. Namun, diakuinya sampai saat ini, jawatannya belum diajak komunikasi terkait relokasi dan penataan PKL.

Advertisement

BACA JUGA : Dikosongkan dari Ribuan PKL, Malioboro Akan Disulap

"Kami menunggu saja. Sementara yang baru bertindak kan UPT Malioboro dan  Dinas Koperasi dan UKM DIY. Jika mereka butuh kami, kami siap terjunkan anggota kami membantu mereka," ucap Noviar.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, sejauh ini sosialisasi terkait dengan relokasi dan penataan telah dilakukan oleh Pemda DIY kepada para pedagang. Dari proses sosialisasi yang telah dijalani, tidak ada penolakan dari para pedagang untuk direlokasi dan ditata di eks gedung Dinas Pariwisata DIY dan menata eks gedung bioskop Indra.

"Dan, sampai hari ini semuanya baik-baik. Tujuan utamanya [relokasi dan penataan PKL] supaya lebih legal, lebih permanen, lebih baik dan akan mempermudah pedagang maupun dari pengunjung lainnya," kata Aji.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan, persiapan relokasi dan penataan PKL terus dilakukan. Sejauh ini dari dua lokasi baru bagi para PKL Malioboro, yakni eks gedung bioskop Indra dan eks gedung Dinas Pariwisata DIY.  

Untuk eks gedung bioskop Indra telah siap digunakan. Di mana bangunan tiga lantai dan dibagi jadi lima zona. Di semi baseman, dengan luasan 1.112 meter persegi akan mampu menampung 37 gerobak dan 32 sepeda motor. Di lantai dasar dengan luasan 1.205 meter persegi, bisa ditempati 122 PKL. Untuk lantai satu dengan luasan 1.007 meter mampu menampung 120 PKL. Lantai dua mampu menampung 117 PKL. Selain itu akan dibuat taman kuliner untuk menampung 79 PKL yang berjualan makanan dan minuman.

Sedangkan sisanya, saat ini Pemda DIY dan Pemkot Jogja telah menyiapkan eks gedung Dinas Pariwisata DIY. Di lokasi tersebut saat ini mulai dibangun los yang nantinya akan menampung PKL.

BACA JUGA : Dua Lokasi Relokasi PKL Malioboro Mampu Tampung 1.800

"Mungkin sekitar 1.800 PKL nantinya yang bisa ditampung di dua lokasi tersebut," jelasnya.

Menurut Siwi, sampai saat ini, jawatannya juga masih terus melakukan kajian dan koordinasi agar nantinya pedagang yang dipindah tidak mengalami kerugian dan membuat pengunjung nyaman.

"Pastinya apa yang dikakukan pemerintah tidak akan merugikan pelaku usaha," tandasnya.

Dari segi pengaturan lalu lintas dan parkir, Pemda DIY telah menyiapkan sejumlah titik yang akan difokuskan menampung kendaraan wisatawan yang datang ke Malioboro.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement