Advertisement

Awas! 9 Baliho di Bantul Rawan Roboh

Ujang Hasanudin
Kamis, 13 Januari 2022 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
Awas! 9 Baliho di Bantul Rawan Roboh Baliho ambruk di Concat, Sleman, Rabu (12/1/2022). Di Bantul ada sembilan baliho yang rawan roboh. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sedikitnya 9 baliho di Bantul rawan roboh. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul terus menertibkan baliho yang tidak memiliki izin maupun baliho yang rawan roboh serta membahayakan.

“Ada sembilan baliho yang rawan roboh dari indikasi terlalu tinggi, kurang seimbang dengan bentangan dan posisi penyangga,” kata Kepala Satpol PP Bantul, Yulius Suharta, Kamis (13/1/2022). 

Advertisement

BACA JUGA: Terungkap! Baliho Ambruk di Ring Road Concat Ternyata Ilegal

Yulius mengatakan dalam waktu cepat jawatannya akan memanggil pemilik atau pemasang baliho tersebut untuk mengecek ulang konstruksinya sekaligus pengecekan izin. “Misalnya sudah izin tapi konstruksinya rawan tetap diminta untuk menurunkan kalau bahaya,” ujar Yulius.

Saat memasuki musim penghujan, Satpol PP sudah memerintahkan anggotanya untuk melakukan identifikasi dan penyisiran baliho-baliho di Bantul yang kemungkinan terjadi kerawanan seperti rapuh dan rawan tumbang. Dari hasil pendataan, saat itu ada sejumlah baliho yang rawan tumbang.

Petugas Satpol PP kemudian memanggil pemasang baliho untuk membongkar dan akhirnya ada tujuh baliho yang dibongkar. Namun, ada yang belum dibongkar karena belum ditemukan pemilik atau pemasangnya. Pihaknya sudah menempelkan informasi untuk mengklarifikasi langsung ke kantor Satpol PP Bantul dalam waktu tujuh hari. Ketika tidak ada tanggapan maka Satpol PP langsung membongkarnya.

BACA JUGA: Baru Diresmikan, Jalan Perwakilan di Malioboro Sudah Rusak

Langkah tersebut diambil agar tidak ada baliho yang roboh dan membahayakan orang lain seperti di Simpang Condongcatur, Depok, Sleman, pada Rabu (12/1/2022)

Yulius meminta masyarakat yang melihat ada baliho yang rawan roboh, atau misalnya konstruksinya tidak sesuai atau keropos, bisa langsung menghubungi Satpol PP. Ia menyebut baliho yang paling banyak ada di perbatasan Bantul dan Jogja seperti di wilayah Banguntapan, Sewon, dan Kasihan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement