Warga Sleman! Vaksinasi Booster Lansia di Puskesmas Dibuka Pekan Depan

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
13 Januari 2022 21:47 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemberian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (vaksin booster) bagi kalangan lansia di Sleman secara reguler di Puskesmas maupun rumah sakit pelat merah dibuka pekan depan, Senin (17/1). RSUD Sleman pun meluncurkan pemberian vaksinasi untuk 100 lansia.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Sleman, Khamidah Yuliati mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk vaksin booster secara reguler baik di 25 Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah masih menunggu surat edaran dari pemerintah. Meski begitu, secara defacto pemberian vaksinasi booster ini sudah bisa diberikan karena Pemkab Sleman sudah melakukan kick off pada Rabu (12/1/2022) kemarin.

"Sebetulnya pemberian vaksinasi booster secara reguler sudah bisa dilakukan baik di Puskesmas maupun rumah sakit, tapi SE baru akan diedarkan ke masing-masing fasilitas kesehatan pemerintah hari ini atau besok," katanya kepada Harian Jogja, Kamis (13//2022).

Adapun jenis vaksin booster yang diberikan baru Astra Zaneca dan Pfizer. Para lansia boleh memilih jenis vaksinasi tersebut untuk booster. Yuli berharap agar lansia menyiapkan diri untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga dengan istirahat yang cukup, memenuhi asupan gizi yang baik.

"Tetap prokes 5M dengan ketat.. Istirahat cukup, asupan gizi yang baik dan jangan lupa bahagia agar sehat lahir batin," pinta Yuli.

Untuk sementara Dinkes Sleman, katanya, belum memberikan target tertentu pemberian vaksin booster tersebut. Pemberian vaksinasi booster bagi lansia, lanjut Yuli, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing Puskesmas. Alasannya, saat ini Dinkes masih fokus menyelesaikan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

"Ya nanti [pemberian vaksin booster] itu tergantung kemampuan faskesnya, karena kami masih fokus pada kegiatan vaksinasi anak 6-11 tahun," katanya.

Hingga kini, Dinkes mencatat per 12 Januari capaian vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun baru mencapai 35,70% atau 33.650 anak. Pelaksanaan vaksinasi anak ini pun terus dilakukan. Misalnya di wilayah Kapanewon Cangkringan. Ratusan anak usia sekolah dasar di Gugus IV Cangkringan mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kalurahan Kepuharjo.

BACA JUGA: Pemda DIY: Vaksin Booster di JEC Khusus Menyasar Pengguna Sinovac Dosis 1 & 2

Panewu Cangkringan Djaka Sumarsana mengatakan pemilihan lokasi vaksinasi tersebut dilakukan dengan pertimbangan posisi sekolah dasar yang berada di Gugus IV Cangkringan. Kalurahan Kepuharjo dipilih sebagai tempat vaksinasi untuk mengakomodir sekolah-sekolah yang berada di utara seperti SDN Srunen, SDN Glagaharjo agar tidak terlalu jauh.

Selain kedua SD tersebut peserta vaksin juga berasal dari siswa SDN Kepuharjo, SDN Umbulharjo 1, SDN Umbulharjo 2, dan SDIT Baitussalam. "Vaksinasi kali ini menargetkan peserta sebanyak 921 siswa. Saat vaksinasi dilakukan, peserta yang hadir sebanyak 881 siswa. Dari total tersebut, 865 siswa berhasil divaksin, 16 sisanya tidak berhasil karena sedang mengalami batuk dan pilek," kata Djaka.

Terpisah, Direktur RSUD Sleman Novita Krisnaeni mengatakan rumah sakit tersebut akan melaunching kegitan vaksinasi booster khusus lansia pada Senin (17/1/2022). Instansinya menargetkan sebanyak 100 lansia perhari bisa mendapatkan vaksinasi booster. "Target saat launching dan setiap hari [reguler] 100 lansia," ujar Novita.