Advertisement

Vespa 60s Jogja, Wadahnya para Pencinta Vespa Endog Jogja

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 15 Januari 2022 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Vespa 60s Jogja, Wadahnya para Pencinta Vespa Endog Jogja Anggota Vespa 60s Jogja saat riding bersama. - Instagram/60s_jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Tak hanya menjadi alat transportasi, sebagian orang juga menjadikan vespa sebagai hobi dan gaya hidup. Para peminatnya pun banyak yang membentuk perkumpulan lantaran menggemari satu seri skuter tertentu, salah satunya Komunitas Vespa 60s Jogja.

Bagi sebagian orang, bodi vespa yang dirilis pada era 1960-an sungguh menarik. Khususnya vespa keluaran 1960 hingga 1965 yang bertipe bentuk bulat. Para penggemar di Jogja menyebutnya dengan nama Vespa Endog.

Advertisement

Lantaran memiliki ketertarikan yang sama pada tipe vespa tersebut, sekumpulan penggemar Vespa Endog di Jogja pun membuat sebuah klub dengan nama Vespa 60s Jogja.  Nama klub ini pun mengacu pada tahun keluaran Vespa Endog yaitu 1960-an.

Perkumpulan ini terbentuk secara tidak sengaja. Humas Vespa 60s Jogja, Aldo Paka menuturkan bahwa awal mulanya tujuh orang penggemar vespa pergi bersama-sama ke Purworejo. Tanpa janjian, rupanya mereka membawa Vespa Endog secara bersamaan.

"Kami memang penggemar vespa. Tetapi, ada yang punya vespa beberapa seri, enggak cuma Vespa Endog. Kebetulan pada 4 Januari tahun lalu, tanpa ada kesepakatan sebelumnya, kami pergi semuanya pakai Vespa Endog. Momen itu yang membuat kami membentuk komunitas Vespa 60s Jogja khusus untuk pencinta Vespa Endog," kata dia, belum lama ini.

Dari tujuh orang, kini klub vespa yang sudah berusia setahun ini beranggotakan 30 orang. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pedagang, polisi, pegawai kejaksaan, videografer, hingga mahasiswa. Meski didominasi anggota laki-laki, namun kini ada tiga perempuan pencinta Vespa Endog yang bergabung dalam kegiatan Vespa 60s Jogja.

"Sebenarnya penggemar vespa di Jogja itu banyak, tetapi yang khusus ke Vespa Endog sedikit. Apalagi peredaran Vespa Endog di Jogja juga sudah berkurang," ujarnya.

Dalam sebulan sekali di pekan terakhir, para anggota Vespa 60s Jogja berkumpul dan melakukan touring. Lantaran mayoritas anggota mereka tinggal di wilayah Bantul, biasanya mereka akan rolling ke Kota Jogja dan sekitarnya.

Tak hanya jarak dekat, rupanya besi tua yang mereka kendarai itu juga mampu diajak touring jarak jauh. Akhir tahun lalu, Vespa 60s Jogja menempuh jarak hampir 1.500 kilometer setelah riding ke Bali. Berkat persiapan matang, perjalanan itu bisa ditempuh dengan lancar tanpa ada kendala mogok.

Advertisement

"Vespa kan terkenal suka mogok, karena ini motor tua. Persiapannya harus matang, bawa spare part. Kalau perjalanan jauh, kami juga bawa mekanik," ujarnya.

Meluas

Keaktifan komunitas ini rupanya memicu perkembangan klub regional lain. Terlebih, di luar Jogja, komunitas Vespa Endog juga belum ada wadahnya. Para pencinta Vespa Endog dari berbagai daerah pun mendirikan cabang klub ini d wilayah lain.

Advertisement

"Kami memang awalnya dari Jogja karena ingin bikin wadah bagi sesama pecinta vespa endog. Tapi rupanya teman-teman pencinta Vespa Endog di daerah lain juga tertarik membuat komunitas serupa. Sekarang ada 13 cabang," kata Aldo.

Sebanyak 13 cabang komunitas Vespa 60s itu tersebar di Jabodetabek, Semarang, Makassar, dan sejumlah kota lain. Hal ini menjadikan Komunitas Vespa 60s Jogja menjadi induk bagi pecinta Vespa Endog di Indonesia.

Jika ada agenda touring jarak jauh, anggota pun tak segan saling menghampiri anggota komunitas di regional lain yang mereka tuju. Seperti yang dilakukan saat berkolaborasi dengan anggota klub Vespa 60s Jember dan Vespa 60s Makassar.

"Komunitas yang dari Makassar itu bahkan bawa vespa ke Jogja dengan perjalanan berminggu-minggu, menyeberang lewat laut," ujarnya.

Advertisement

Untuk bergabung sebagai anggota, Aldo mempersilakan siapapun para pemilik Vespa Endog untuk ikut berkumpul maupun touring. Dia juga memastikan bahwa tidak ada biaya yang dipungut untuk bergabung ke klub ini.

"Kalau di daerah lain mau bikin komunitas regional, bisa dengan membentuk pengurus inti 6-10 orang yang berkumpul dengan Vespa Endog sudah bisa jadi komunitas Vespa 60s Regional," ucap dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

DIY Sukses Tekan Angka Stunting

DIY Sukses Tekan Angka Stunting

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iduladha 2022 Pemerintah dan Muhammadiyah Beda

News
| Kamis, 30 Juni 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Nawang Jagad, Camping Ground yang Tawarkan Pemandangan Merapi, Turgo dan Plawangan

Wisata
| Rabu, 29 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement