Advertisement

TPST Piyungan Tutup, Sampah di Jogja Mulai Menumpuk Tak Diangkut

Sirojul Khafid
Jum'at, 21 Januari 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
TPST Piyungan Tutup, Sampah di Jogja Mulai Menumpuk Tak Diangkut Seorang warga sedang membuang sampah di depo sementara samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Jumat (21/1/2022) - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Penutupan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan sejak Kamis (20/1/2022) berdampak pada penumpukan sampah di wilayah Kota Jogja. Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup, Ahmad Haryoko, di sejumlah depo pembuangan sampah sementara telah terjadi penumpukan dua sampai tiga meter.

Selain penumpukan di area depo, beberapa truk sampah juga belum menurunkan muatan sampahnya. "Depo maksimal menampung sampah selama tiga hari, kalau tiga hari TPST Piyungan tidak buka, maka sampah akan meluber ke jalan," kata Haryoko saat dihubungi secara daring, Jumat (21/1/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Viral Siswa SD Disuntik Vaksin Kosong, Menkes: Berdosa

Apabila sampah sudah menumpuk selama tiga hari dan meluber ke jalan, maka perlu waktu sekitar sepekan untuk membereskannya lagi. Hal ini terkait dengan antrean truk saat nantinya masuk ke TPST Piyungan yang bisa sampai empat jam per truk.

Haryoko mengatakan penutupan TPST Piyungan lantaran sedang ada pengurukan lahan. Akibat volume sampah yang terus bertambah, perlu adanya pengurukan tanah sebagai jalur truk. Bagian dermaga juga semakin sempit, sehingga perlu adanya penanganan.

"Informasinya belum jelas apakah sampai hari ini atau tidak penutupannya," kata Haryoko. "Pertama misal enggak dapat tanah uruk akan mundur, infonya masih dikerjakan oleh tender, harus diuruk dulu agar alat berat tidak tergelincir."

Masalah TPST Piyungan ini bukan semata-mata karena musim hujan. Namun lebih kepada tempat yang semakin sempit dan gundukan sampah yang semakin tinggi. Setiap harinya, Kota Jogja menyumbang sampah ke TPST Piyungan sekitar 270-300 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement