Advertisement

Kebakaran Toko Plastik di Pakem, Kerugian Ditaksir Rp1,5 Miliar

Abdul Hamied Razak
Minggu, 23 Januari 2022 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Kebakaran Toko Plastik di Pakem, Kerugian Ditaksir Rp1,5 Miliar Sejumlah warga mengevakuasi barang yang masih bisa diselamatkan akibat kebakaran yang menimpa sebuah toko plastik dan bahan roti di Pakem Tegal RT 37, Pakembinangun, Pakem, Minggu (23/1/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANKebakaran melahap sebuah toko plastik dan bahan roti di Pakem Tegal RT 37, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Minggu (23/1/2022), menimbulkan kerugian Rp1,5 miliar. Penyebabnya diduga akibat korsleting di bagian belakang toko.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Harian Jogja, api mulai melalap sejumlah dagangan di dalam toko di pinggir Jalan Pakem-Cangkringan tersebut sekitar pukul 06.30 WIB. Api terus menjalar dengan cepat karena barang-barang yang dijual di dalam toko mudah terbakar.

Advertisement

BACA JUGA: Juragan Ayam Wates Tewas di Kamar Mandi, Polisi Turun Tangan

Toko tersebut dimiliki Asmanto Manggolo, 62, dan dikelola oleh anak-anaknya. "Kebakaran terjadi pukul 06.30 WIB. Saya diberitahu ada kebakaran dan langsung ke sini," ujar Aga, salah seorang anggota keluarga Asmanto Manggolo saat ditemui Harian Jogja di lokasi kejadian.

Mengetahui api membakar bagian belakang toko, keluarga dibantu warga sekitar berupaya mengevakuasi barang-barang dari dalam toko. Sebagian dagangan bisa diselamatkan dan sebagian lainnya ludes terbakar. Aga menduga kebakaran dipicu hubungan arus pendek pada kulkas yang berada di belakang toko.  "Saat pintu depan kami buka, api berasal dari belakang terus menjalar ke depan," kata Aga.

Ia belum bisa memprediksi kerugian akibat peristiwa itu. Begitu juga dengan nasib karyawan. "Seharusnya beberapa karyawan hari ini [kemarin] masuk. Untuk sementara kami benahi dulu tokonya. Untuk kerugian kami belum bisa memperkirakan," kata Aga.

BACA JUGA: Fantastis! Parkir Bus Wisata di Jogja Raup Rp1,2 Juta Sehari

Kepala Seksi Operasional dan Investigasi Damkar Sleman, Nawa Murtiyanto mengatakan bangunan toko yang terbakar luasnya sekitar 300 meter persegi. Damkar, katanya, baru menerima informasi kebakaran sekitar pukul 06.45 WIB.

Api cepat merambat karena di dalam toko penuh dengan barang berbahan plastik dan kardus. Api dapat dipadamkan sekitar 2,5 jam kemudian. “Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian diperkirakan sekitar Rp1,5 miliar," kata dia.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement