Advertisement

Terbaru soal PKL Malioboro, Pedagang Tata Lapak sebelum Pindah 1 Februari 2022

Sunartono
Senin, 31 Januari 2022 - 08:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Terbaru soal PKL Malioboro, Pedagang Tata Lapak sebelum Pindah 1 Februari 2022 Lokasi baru PKL Malioboro yang dibangun di lahan eks Gedung Dinas Pariwisata DIY, Selasa (4/1/2022). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pedagang kaki lima (PKL) Malioboro bersiap pindah ke lokasi baru yang rencananya dimulai pada Selasa (1/2/2022). Saat ini, para PKL Malioboro menyiapkan dan menata lapak hingga penambahan fasilitas yang sesuai dengan kenyamanan pengunjung.

Pantauan Harian Jogja, Minggu (30/1/2022) sore, tembok sisi timur di Teras Malioboro 2 atau eks lahan Dinas Pariwisata DIY sudah rata dengan tanah. Lokasi ini sebelumnya ditempati sekitar 15 PKL Sepatu Jalan Mataram yang beroperasi sejak 24 tahun silam. PKL ini mulai mengemasi dagangannya sejak Kamis (28/1/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sebuah alat berat beroperasi di lokasi tersebut untuk meratakan bongkahan material bangunan. Untuk sementara kawasan ini ditutup dengan pagar besi. Rencananya titik sebelah timur ini menjadi akses masuk menuju Teras Malioboro 2 dari Jalan Mataram.

PKL Lesehan Malioboro, Sukidi, menjelaskan kelompoknya sudah mengundi untuk penempatan di Teras Malioboro 2 atau di lahan bekas Kantor Dinas Pariwisata DIY. Di tempat baru itu ia akan menempati sebuah lapak berukuran sekitar lebar 1,5 meter dengan panjang tiga meter. Tercatat ada 67 PKL Lesehan yang saat ini sedang bersiap untuk menempati selter tersebut.

“Sudah, saya sudah mendapatkan pilihan lapak, saya kebetulan di Teras Malioboro 2. Tampaknya rata-rata paguyuban sudah selesai pengundian, mungkin hanya beberapa yang belum,” katanya kepada Harian Jogja, Minggu (30/1/2022).

Di lokasi sudah tersedia instalasi air serta listrik. Fasilitas wastafel juga sudah tersedia namun untuk umum. Sukidi berencana untuk menambah wastafel di lapaknya agar lebih membuat nyaman pengunjung. Setting tempat juga akan segera dilakukan pada hari-hari ini karena pada Selasa (1/2/2022) akan mulai pindah tempat.

“Insyaallah tanggal 1 Februari sudah disepakati untuk semua pindah, cuma nanti untuk pelaksanaan di tempat baru itu kan tentunya masih mempersiapkan tempat etalase, wastafel. Sambil jalan, yang jelas tanggal 1 semua teman pindah di tempat baru,” ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Lowongan 88.370 PPPK Tenaga Kesehatan

News
| Minggu, 27 November 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement