Advertisement

Buntut Kecelakaan di Bukit Bego Bantul, Bus Dilarang Melintas Jalur Imogiri Mangunan Setiap Akhir Pekan

Ujang Hasanudin
Senin, 07 Februari 2022 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Buntut Kecelakaan di Bukit Bego Bantul, Bus Dilarang Melintas Jalur Imogiri Mangunan Setiap Akhir Pekan Kecelakaan bus wisata di Jalan Imogiri Mangunan, Bantul, Minggu (6/2/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bus dilarang melintas di Jalan Imogiri Mangunan, Bantul, menyusul kecelakaan bus wisata yang menabrak tebing Bukit Bego, Minggu (6/2/2022).

Kapolres Bantul AKBP Ihsan meminta semua kendaraan besar seperti bus pariwisata tidak melintas Jalan Imogiri Mangunan, terutama pada akhir pekan atau Sabtu dan Minggu. Permintaan ini dikeluarkan karena jalur tersebut rawan kecelakaan. Kecelakaan terakhir menewaskan 13 orang pada Minggu kemarin.

BACA JUGA: Pria Ini Kehilangan Ayah, Ibu, Anak, dan Neneknya akibat Kecelakaan Maut di Bukit Bego Bantul

Ihsan mengaku hanya bisa mengimbau terlebih dahulu. Sementara, larangan harus berdasatkan keputusan dari pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah. Selain itu untuk melarang butuh keputusan bersama dalam forum lalu lintas.

Kapolres meminta awak bus mencari jalur alternatif lain ketika hendak menuju kawasan wisata di Mangunan, yakni Jalan Jogja-Wonosari. Polisi tidak ingin kecelakaan yang merenggut banyak nyawa kembali terulang di Jalan Imogiri Mangunan. Sudah dua kali kecelakaan di jalur yang sama. Kejadiannya juga pada hari Minggu karena jalur tersebut merupakan jalur wisata.

“Kalau sudah terjadi [kecelakaan], saya kira itu [banyaknya bus yang selamat saat melintasi jalur Imogiri Mangunan] tidak jadi patokan karena kami tak pernah tahu kendaraan di jalan ini layak atau enggak, berfungsi atau engga. Ini nyawa orang, engga main–main,” ujar Ihsan.

BACA JUGA: Ini Kata-Kata Terakhir Sopir Bus Wisata Sebelum Kecelakaan Maut di Bukit Bego Bantul

Rencananya larangan bus naik lewat Jalan Imogiri-Mangunan akan diterapkan mulai pekan ini. Polres Bantul akan merapatkannya terlebih dahulu dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul dan juga pengelola wisata di kawasan Mangunan pada Rabu (9/2/2022) lusa. Kapolres memastikan imbauan kendaraan tidak lewat Jalan Imogiri Mangunan berlaku untuk kendaraan besar atau bus. “Kendaraan pribadi boleh,” ucapnya.

Kapolres mengatakan kecelakaan bus Gandos Abadi (sebelumnya tertulis Santosa Abadi) berpelat AD 1507 EH pada Minggu siang merenggut 13 nyawa. Sementara, korban masih dalam perawatan tinggal 24 orang yang tersebar di beberapa rumah sakit di Bantul. Sisanya luka ringan dan sudah dibolehkan untuk pulang ke rumahnya masing-masing di Sukoharjo dan Surakarta. Kepulangan mereka diantar oleh polisi dan Pemkab Bantul.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga dengan Umur Total 1.058 Tahun

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement