Advertisement

Mengapa Sleman Kerap Dijuluki Kabupaten Italia?

Imam Yuda Saputra
Selasa, 01 Maret 2022 - 13:17 WIB
Budi Cahyana
Mengapa Sleman Kerap Dijuluki Kabupaten Italia? Peta Italia - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANSleman kerap mendapat julukan Kabupaten Italia di kalangan anak muda.

BACA JUGA: Habiskan Biaya Rp21 Triliun, Ini Profil Tol Jogja Bawen

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Julukan Sleman sebagai Kabupaten Italia terdengar asing bagi kalangan orang tua karena Kabupaten Italia bukanlah julukan resmi yang digaungkan pemerintah setempat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman lebih memilih slogan Sembada yang merupakan akronim dari sehat, elok, makmur dan merata, bersih dan berbudaya, aman dan adil, damai dan dinamis, serta agamis, yang menjadi semboyan maupun visi misi kabupaten di DIY dengan jumlah penduduk mencapai 1,12 juta jiwa itu.

Meski demikian, julukan Sleman sebagai Kabupaten Italia, sebuah negara di Benua Eropa yang terkenal dengan kompetisi sepak bola dan Menara Pisa, mulai populer belakangan ini. Julukan itu populer di dunia maya, atau media sosial, terutama di antara pencinta sepak bola.

Julukan Sleman sebagai Kabupaten Italia tidak terlepas dari kiprah suporter klub sepak bola, PSS Sleman, yakni Brigata Curva Sud atau BCS.

Suporter klub PSS Sleman itu memang menarik perhatian insan sepak bola Tanah Air, bahkan dunia dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini karena kreativitas mereka saat memberikan dukungan kepada PSS saat berlaga.

Bahkan aksi koreografi BCS di Stadion Maguwoharjo saat mendukung PSS Sleman berlaga sempat trending di Youtube. BCS melakukan aksi koreografi berkonsep 4 dimensi hingga menarik perhatian pengamat sepak bola, tak hanya dari dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Advertisement

Namun bukan soal kreativitas dalam melakukan koreografi saja yang menjadi alasan utama Sleman mendapat julukan sebagai Kabupaten Italia. Julukan itu menempel di Sleman karena BCS yang kerap meniru cara suporter Italia ketika mendukung PSS Sleman.

Bahkan BCS kerap menyampaikan yel-yel atau chant berbahasa Italia, seperti PSS Sleman Ale dan Bianco Verde Ale, yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti Hijau dan Putih.

BACA JUGA: Sleman Genjot Produksi Padi Sembada Merah & Hitam

Advertisement

Chant PSS Sleman Ale dan Bianco Verde Ale ini kerap terdengar riuh di stadion saat tim berjuluk Super Elja itu bertanding. Bahkan chant inilah yang menjadi pemompa semangat PSS Sleman kala merengkuh gelar juara Liga 2 dan promosi ke kasta tertinggi sepak bola Tanah Air, Liga 1, pada 2018 lalu.

Kebiasaan suporter BCS yang menggunakan kata-kata berbahasa Italia, Ale, ini pun mulai banyak diikuti suporter dari daerah lain. Kini, mulai banyak suporter di daerah lain yang kerap melontarkan kata-kata Ale, saat mendukung timnya berlaga, bahkan bukan hanya di pertandingan sepak bola.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement