Advertisement

7 Pencuri Spesialis Swalayan Ditangkap di Bantul

Ujang Hasanudin
Sabtu, 05 Maret 2022 - 11:47 WIB
Budi Cahyana
7 Pencuri Spesialis Swalayan Ditangkap di Bantul Kapolres Bantul AKBP Ihsan (kedua dari kanan) saat menunjukkan tujuh tersangka pencurian di Mapolres Bantul, Jumat (4/3/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Aparat Polres Bantul menangkap tujuh pencuri yang biasa menyasar toko swalayan. Berdasar hasil pemeriksaan, para pelaku sudah beraksi di sejumlah daerah sejak 2021.

BACA JUGA: Jembatan Kretek II Penyambung JJLS di Bantul Hampir Jadi, Desainnya Bajak Sawah

Advertisement

Tujuh pelaku yang dibekuk masing-masing EDA, 47, warga Demak, Jawa Tengah; YS alias Ati, 36, warga Surabaya Jawa Timur; STN, 51, warga Grobogan, Jawa Tengah; HW, 37, warga Surabaya; NSC, 28, warga Jatinegara, Jakarta Timur; RDU alias Bejo, 34, warga Surabaya; dan SNT alias Son, 33, warga Jakarta Timur.

“Para pelaku merupakan sindikat pelaku kejahatan lintas provinsi dengan target sasaran toko swalayan. Mereka mencuri barang-barang kebutuhan pokok di sejumlah lokasi seperti di Bantul, Sleman dan beberapa lokasi lain di Jawa Tengah,” kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Jumat (4/3/2022).

Di wilayah Bantul, komplotan ini beraksi di tiga tempat, yakni di Prima Swalayan di Jalan Srandakan, Trimurti, Srandakan; Atmaja Swalayan di Jalan Srandakan, Trimurti Srandakan; dan DM Baru di Jalan Imogiri Timur, Wirokerten, Banguntapan. Di luar Bantul mereka beraksi di Sleman, dan Salatiga, Jawa Tengah. Dalam aksinya mereka mengincar sejumlah barang kebutuhan pokok berharga mahal seperti susu anak dan susu untuk ibu hamil.

Ihsan mengatakan penangkapan terhadap tujuh pelaku dilakukan Kamis (24/2/2022). Dengan berbekal rekaman CCTV serta keterangan sejumlah saksi, polisi berhasil memperoleh data nomor polisi mobil yang digunakan oleh para pelaku. Polisi kemudian membuntuti mobil tersangka hingga Salatiga, Jawa Tengah, kemudian menangkap mereka. “Saat ditangkap para pelaku baru selesai beraksi [melakukan pencurian],” ujar Kapolres.

BACA JUGA: Pembebasan Lahan Tol Jogja-Bawen Terganjal 8 Persen Lahan SG, Nilainya Mencapai Rp200 Miliar

Dalam aksinya, para pelaku berbagi peran. Mereka berupra-pura berbelanja dengan membawa keranjang. Saat berada di dalam toko, mereka memasukkan barang curian ke dalam tas atau disembunyikan di balik baju dan kerudung.

Salah satu tersangka, EDA menampik disebut sebagai ketua komplotan. Ia mengatakan ide pencurian dilakuan secara bersama-sama. “Aksi pencurian direncanakan di Jakarta. Idenya bareng-bareng,” kata EDA. Setiap kali berhasil melakukan pencurian masing-masing tersangka mendapatkan Rp200.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement