Advertisement

Puluhan Remaja Bantul Minta Nikah Dini, Penyebab Terbanyak Hamil Duluan

Ujang Hasanudin
Senin, 07 Maret 2022 - 12:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Puluhan Remaja Bantul Minta Nikah Dini, Penyebab Terbanyak Hamil Duluan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak Perlindungan Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Bantul mencatat selama Januari sampai Februari tahun ini ada 26 remaja yang mengajukan dispensasi nikah dini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DP3APPKB Bantul Sri Nuryanti mengatakan dari data tersebut dispensasi kawin yang disetujui nantinya dari Pengadilan Agama.

Dari data pengajuan kawin tersebut sebagian besar perempuan yang belum cukup umur sementara pasangannya sudah cukup umur. Namun, ada juga laki-laki yang belum cukup umur sementara pasangannya perempuan sudah cukup umur.

Sri Nuryanti tidak menampik pengajuan dispensasi nikah dini tersebut sebagian besar karena hamil di luar nikah. “Biasanya karena kehamilan yang tidak diinginkan,” ucapnya, Minggu (6/3/2022).

Plt Kepala DP3APPKB Bantul itu menilai perlu ada kesadaran masyarakat untuk saling memberikan informasi edukasi komunikasi kaitannya dengan pendewasaan usia pernikahan karena sangat penting untuk perkembangan anak itu sendiri.

“Karena dengan menikah di bawah umur akan banyak dampak negatif yang mengikutinya. Kesehatan reproduksinya belum siap untuk dibuahi, anak yang masih di bawah 18 tahun belum siap untuk dibuahi. Secara ekonomi dan emosional belum matang,” paparnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Rayakan HUT TI, Warga Segrumung Kaget Didatangi Ganjar Pranowo

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement