Advertisement

TPST Piyungan Bakal Ditutup Sementara, Jangan Buang Sampah ke Sungai!

Lugas Subarkah
Kamis, 17 Maret 2022 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
TPST Piyungan Bakal Ditutup Sementara, Jangan Buang Sampah ke Sungai! Puluhan truk pengangkut sampah mengantre untuk menurunkan muatan di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, Rabu (8/1/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan akan ditutup pada Jumat hingga Minggu (18-20/3/2022) lantaran adanya perbaikan infrastruktur. Merespon hal ini, Forum Komunitas Sungai Sleman (FKSS) mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan mengelola sampah di tingkat rumah tangga.

Ketua FKSS, AG. Irawan, menuturkan membuang sampah di sungai memang mudah, murah dan cepat hilang. Namun korbannya warga hilir Bantul dan sejumlah dam akan jadi tumpukan sampah yg berpotensi banjir juga penyakit. "Lalu di akhir aliran, ya laut kita jadi korban tak berkesudahan," katanya, Kamis (17/3/2022).

Advertisement

Persoalan sampah yang terus terjadi harus segera diselesaikan tuntas. Selama masih ada aktivitas manusia pasti akan ada limbah dan sampah. Sinergi dari seluruh elemen masyarakat dan para pihak, baik pemerintah maupun swasta harus terus ditingkatkan.

Seorang pegiat Komunitas Kali Bedog, Dowangan, Kalurahan Banyuraden, Kapanewon Gamping, Hendi, mengatakan rencananya pada Minggu (20/3/2022) akan gotong-royong bersih sungai bersama warga, mengatakan akan menumpuk dulu sampah dari sungai. "Akan kita tumpuk pinggir dulu," ujarnya.

BACA JUGA: Aturan Ganjil Genap di Jalan Parangtritis Diperlonggar

Sementara pegiat Bank Sampah dari Padukuhan Karanganyar, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Hastuti, mengatakan pengelolaan sampah harus dimulai dari lingkup terbawah yaitu keluarga. Tentu ini perlu adanya sosialisasi, motivasi dan dukungan dari pemangku wilayah setempat.

Bank Sampah menjadi salah satu alternatif pengelolaan sampah mandiri berbasis keluarga. "Di Karanganyar saat ini sudah berjalan hampir setahun dengan anggota 107 orang. Keanggotaan kami lintas wilayah. Jadi siapapun dan dari manapun boleh bergabung. Dengan syarat dan ketentuan berlaku," katanya.

TPA Piyungan ditutup melalui surat bernomor 658/09735 Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY. Penutupan sementara TPA yang menampung sampah dari warga Kota Jogja, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul tersebut dikarenakan adanya perbaikan akses jalan hingga menyiapkan area lahan bongkar muat sampah.

Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup (DLH) Sleman, Purwoko Sasmoyo, berharap agar warga dan komunitas pegiat lingkungan yang akan melaksanakan gotong-royong bersih sampah mulai mengkondisikan sampah di wilayahnya masing-masing

Hal ini perlu dilakukan hingga TPA Piyungan kembali buka. "Besok UPT tidak bisa mengirim truk karena TPA tutup," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement