Advertisement

TPST Piyungan Tutup Lagi, Warga Diminta Siapkan Plastik Besar

Bernadheta Dian Saraswati, Sunartono
Kamis, 17 Maret 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
TPST Piyungan Tutup Lagi, Warga Diminta Siapkan Plastik Besar Puluhan truk pengangkut sampah mengantre untuk menurunkan muatan di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, Rabu (8/1/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--TPST Piyungan Bantul akan ditutup lagi selama tiga hari mulai Jumat (18/3/2022) sampai Minggu (20/3/2022). Warga diminta menyiapkan plastik besar untuk menampung sampah rumah tangganya masing-masing. 

Penutupan sementara itu diumumkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY. Diberitahukan bahwa TPA yang menampung sampah dari warga Kota Jogja, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul (Kartamantul) tersebut ditutup karena ada perbaikan infrastruktur di lokasi TPA. Mulai dari perbaikan akses jalan hingga menyiapkan area lahan bongkar muat sampah.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Sleman Purwoko Sasmoyo, menyampaikan agar warga dan komunitas pegiat lingkungan yang akan melaksanakan gotong-royong bersih sampah mulai mengondisikan sampah di wilayahnya masing-masing hingga TPA buka kembali. "Besok UPT tidak bisa mengirim truk karena TPA tutup," tulisnya melalui layanan WhatApp (WA) pribadi, Kamis (16/3/2022) siang.

Hendi, seorang pegiat Komunitas Kali Bedog, Dowangan, Banyuraden, Gamping yang rencananya besok Minggu (20/3/2022) akan gotong-royong bersih sungai bersama warga, mengatakan akan menumpuk dulu sampah dari sungai. "Njih, akan kita tumpuk pinggir dulu," ujarnya.

Sementara pegiat Bank Sampah dari Padukuhan Karanganyar, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Hastuti mengatakan, pengelolaan sampah harus dimulai dari lingkup terbawah yaitu keluarga. Tentu ini perlu adanya sosialisasi, motivasi dan dukungan dari pemangku wilayah setempat. Bank Sampah menjadi salah satu alternatif pengelolaan sampah mandiri berbasis keluarga.kata dia.

Baca juga: TPST Piyungan Tutup, Sampah di Jogja Mulai Menumpuk Tak Diangkut

"Alhamdulillah di Karanganyar saat ini sudah berjalan hampir setahun dengan anggota 107 orang. Keanggotaan kami lintas wilayah. Jadi siapapun dan dari manapun boleh bergabung. Dengan syarat dan ketentuan berlaku," terang Hastuti.

Persoalan sampah yang terus terjadi harus segera diselesaikan tuntas. Selama masih ada aktivitas manusia pasti akan ada limbah dan sampah. Penyelesaian sampah dari sumbernya menjadi urgensi yang harus segera dilakukan. Sinergi dari seluruh elemen masyarakat dan para pihak, baik pemerintah maupun swasta harus terus ditingkatkan.

Advertisement

Terkait penutupan sementara TPST Piyungan tersebut, sejumlah petugas pengangkut sampah juga membantu mengumumkan informasi tersebut kepada seluruh rumah tangga.

Salah satu Petugas Pengumpulan Sampah di Banguntapan, Bantul Supri menjelaskan ia mengumumkan kepada warga setelah mendapatkan informasi terkait penutupan sementara TPA Piyungan. Ia telah meminta kepada masyarakat agar menyiapkan plastik besar untuk menampung sampah agar lebih aman.

"Mulai siang ini pengambilan sampah tidak bisa dilaksanakan, karena antrean truk di TPA sudah panjang dan tidak memungkinkan untuk mengangkut kembali sampah yang ada di depo," katanya Kamis (17/3/2022).

Advertisement

Berdasarkan surat yang diterbitkan DLH DIY, bahwa kondisi area bongkar sampah sudah penuh, maka perlu penataan dengan membuat akses jalan. Adapun penutupan sementara dilakukan pada Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022).

"Kami sudah minta untuk menyiapkan plastik besar, untuk wadah sampah di rumah yang sampahnya jadi langganan kami," katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

20.000 Buruh Pabrik Foxconn Resign, iPhone 14 Pro dan Pro Max Langka

News
| Senin, 28 November 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement