Advertisement

Polda DIY Periksa Temuan Distributor Jual Minyak Goreng Sistem Bundling

Yosef Leon
Sabtu, 26 Maret 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Polda DIY Periksa Temuan Distributor Jual Minyak Goreng Sistem Bundling Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yulianto (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan seusai kegiatan operasi minyak goreng curah di pasar Beringharjo, Sabtu (26 - 3).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kepolisian Daerah (Polda) DIY menyebut akan mencermati temuan salah satu distributor minyak goreng di wilayah Sleman yang menjual minyak goreng curah dengan skema bundling. Polda menyebutkan bahwa tindakan itu jelas menyalahi aturan. 

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yulianto mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan KPPU dan Satgas Pangan setempat untuk menindaklanjuti temuan tersebut. Petugas nantinya akan menganalisis untuk memproses lebih lanjut. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kasus kemarin itu kita memang menemukan ada skema bundling, jadi sesuai dengan UU persaingan usaha hal itu tidak diperbolehkan," kata Yuli, Sabtu (26/3/2022). 

Dia menambahkan, aparat akan melihat perkembangan dari temuan kasus bundling oleh salah satu distributor minyak goreng tersebut. Proses penindakan akan dilakukan setelah petugas memeriksa berkas temuan kasus. 

Baca juga: Polisi Datangi Gudang Distributor Minyak Goreng Curah di Jogja

"Nanti akan kami lihat situasinya seperti apa, proses penyelidikan apakah bisa disidik apa tidak nanti akan kami lihat perkembangannya," ungkap dia. 

Pihaknya mengingatkan kepada pedagang dan distributor agar tidak melakukan tindakan yang menyalahi aturan saat kondisi minyak goreng langka. Hal ini telah diatur dalam Undang-undang dan bisa dijerat pidana maupun sanksi lainnya. 

"Menjual minyak goreng dengan skema harus membeli barang yang lain, jelas melanggar aturan. Bisa denda administrasi dan denda uang minimal Rp5miliar dan maksimal Rp25 miliar," kata Yuli. 

Advertisement

Diketahui, KPPU bersama sejumlah instansi lainnya menemukan praktik penjualan minyak goreng dengan sistem bundling di wilayah Sleman. Dalam penjualan minyak goreng curah, distributor itu mewajibkan konsumen untuk membeli barang lain berupa gula atau tepung dengan nominal Rp400.000. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement