Advertisement

Usung Tema Shape Our Future, Earth Hour Jogja Laksanakan Switch Off 2022

Media Digital
Rabu, 30 Maret 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Usung Tema Shape Our Future, Earth Hour Jogja Laksanakan Switch Off 2022 Earth Hour Jogja melaksanakan Switch Off 2022. - Ist

Advertisement

Setiap akhir Maret, EARTH HOUR yang merupakan kegiatan yang dicetuskan World Wide Found for Nature (WWF) dan Leo Burnet, menyatukan masyarakat dari seluruh dunia untuk merayakan komitmen gaya hidup hemat energi. Hal ini dilakukan dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak dipakai selama 1 jam. Kampanye ini dikenal dengan sebutan “SWITCH OFF”.

Switch Off Earth Hour yang dilakukan selama 1 jam dari pukul 20.30 - 21.30 waktu setempat, menunjukkan bahwa 60 menit mematikan lampu atau listrik yang tidak terpakai merupakan awal AKSI individu, komunitas, praktisibisnis, dan pemerintah di seluruh dunia untuk menyatakan kepeduliannya terhadap lingkungan, khususnya terhadap perubahan iklim.

Advertisement

Rais Atta Fillah selaku Ketua Switch Off DIY 2022 menjelaskan Switch Off Earth Hour selalu dilaksanakan pada akhir bulan Maret, karena pada saat itu di beberapa belahan dunia sedang mengalami transisi dari musim semi ke musim gugur. Cuaca tersebut dinilai paling netral dan kondusif karena tidak perlu menggunakan pendingin atau pemanas ruangan sehingga negara- negara di seluruh dunia dapat turut serta berpartisipasi dalam kampanye Switch Off. Waktu yang dipilih untuk melaksanakan kampanye ini, yaitu pukul 20.30-21.30 dimana rata-rata semua belahan dunia sudah cukup gelap sekitar pada jam itu sehingga dampak Earth Hour dirasa dan tidak banyak orang melakukan aktivitas dan pada waktu tersebut,peralatan listrik tidak terlalu banyak dibutuhkan.

Kampanye Switch Off Earth Hour telah berlangsung hampir diseluruh negara bahkan kota - kota bagian negara termasuk Indonesia. Salah satu kota di Indonesia yang berpartisipasi dalam kampanye global Switch Off Earth Hour yang sudah berjalan selama 10 (sepuluh) tahun adalah Yogyakarta. Sejak tahun 2010, Earth Hour Jogja (EHJogja) berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam Kampanye Switch Off dan mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari perubahan.

Pada kesempatan tahun ini, EH Jogja melaksanakan Switch Off 2022 dengan tema “Shape Our Future”. Shape Our Future bermakna bersama-sama membentuk masa depan yang nyaman untuk ditempati di mulai dari kepedulian dan kebijaksanaan. Kepedulian dan kebijaksanaan yang dimaksud adalah menumbuhkan rasa kepedulian serta kebijaksanaan kepada diri sendiri serta khalayak dengan dalam merespon isu pemanasan global.

Diharapkan seluruh kalangan dapat memulai usaha untuk terus bersama-sama berpartisipasi dalam menjaga keseimbangan lingkungan, dimulai dari hal kecil seperti menghemat energi listrik yang dapat memunculkan dampak yang begitu besar bagi keseimbangan lingkungan.

Bentuk dari kegiatan “Switch Off 2020: Shape Our Future”, yaitu kampanye mematikan listrik yang tidak terpakai selama 60 menit untuk mendukung dan turut berpartisipasi dalam gerakan earth hour global. Oleh karena itu, konsep kampanye Switch Off 2022 EH Jogja dilakukan melalui ajakan media sosial dengan bekerjasama dengan berbagai elemen baik dari pemerintahan setempat, korporasi, komunitas, media, serta individu dalam berpartisipasi dengan melaksanakan seremonial mematikan lampu selama 60 menit secara mandiri sesuai dengan yang ditentukan.

Seremonial dilaksanakan sebagai bentuk dukungan serta respon terhadap isu pemanasan global yang sedang berkembang saat ini. Switch Off Earth Hour Jogja 2022 diselenggarakan mandiri baik individu maupun kelompok tanggal 26 Maret 2022 yang didukung berbaga pihak dari jajaran pemerintah kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Sebanyak 11 korporasi, 5 komunitas, dan 9 media partner yang ikut berpartisipasi dalam kampanye Switch Off 2022. Serta beberapa titik di Jogja ikut serta memadamkan lampu atau listrik yang tidak terpakai.

Dengan demikian, melalui Switch Off Earth Hour Jogja, diharapkan bisa menjadi sebuah awal terbentuknya kolaborasi yang baik antara Earth Hour Jogja dengan berbagai elemen masyarakat baik pemerintah, korporasi maupun komunitas. Kolaborasi yang terbentuk ini tentu diharapkan tidak hanya berlangsung pada saat kegiatan Switch Off saja. Kolaborasi yang terbentuk menghasilkan semangat “Shape Our Future” yang dimana ini juga menjadi tagline dari acara Switch Off Earth Hour Jogja 2022. Dari sini diharapkan masyarakat bersifat saling menghidupkan dan saling mendukung satu sama lain untuk jangka waktu yang panjang, sehingga mampu mewujudkan kebiasaan hemat energi yang berkelanjutan demi menjaga dan merawat bumi sebagai rumah kita bersama. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement