Advertisement

Longsor Jebol Rumah Warga di Watugajah Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 31 Maret 2022 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Longsor Jebol Rumah Warga di Watugajah Gunungkidul Kondisi rumah milik Parto Wiyono warga Dusun Jelok, Watugajah yang rusak akibat tertimpa material longsor. Foto diambil Rabu (30/3/2022) malam. - Harian Jogja/Istimewa Polsek Gedangsari

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hujan deras yang mengguyur pada Rabu (30/3/2022) sore mengakibatkan tebing setinggi 70 meter di Dusun Jelok, Watugajah, Gedangsari longsor. Material longsor menimpa rumah milik Parto Wiyono hingga membuat dinding jebol. Korban harus mengungsi sementara waktu ke rumah kerabat terdekat.

Kepala Bidang Pengendalian dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor di Dusun Jelok, Watugajah. Ia sudah mendapatkan laporan dan rencananya pada Kamis (31/3/2022) akan menuju lokasi untuk proses evakuasi dan penyerahan bantuan logistik makanan.

Advertisement

Meski tidak ada korban jiwa, diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Pasalnya, rumah milik Parto Wiyono rusak karena tertimpa material longsor dari tebing di belakang rumahnya. “Atapnya dan sebagian dinding yang terbuat dari kayu jebol. Beruntung kedua warga yang tinggal dapat menyelamatkan diri,” katanya, Kamis.

Akibat peristiwa ini, korban bersama dengan istrinya terpaksa mengungsi dan menginap di rumah kerabat terdekat. “Untuk ditinggali sangat berbahaya sehingga semalam [Rabu malam] korban menginap di rumah saudaranya,” ujarnya.

Baca juga: Tanah Longsor hingga Pohon Tumbang Terjadi di Jogja karena Cuaca Ekstrem

Lurah Watugajah, Hariyanto menambahkan, di wilayahnya termasuk daerah rawan longsor karena didominasi kawasan perbukitan. Pada saat musim hujan bahaya longsor menjadi ancaman sehingga warga harus tetap waspada. “Sudah ada beberapa kali kejadian longsor, tapi tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Ia mengungkapkan, longsor yang merusak rumah Parto Wiyono di Dusun Jelok sudah dilaporkan ke BPBD Gunungkidul. Selain itu, pada Kamis pagi warga juga dilakukan kerja bakti untuk membersihkan material longsoran. “Meksi saat kejadian korban berada di rumah, tapi keduanya selamat,” katanya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keren! Warga Desa Ini Tanam Padi Bergambar Soekarno

News
| Selasa, 28 Juni 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement