Advertisement

Akui Ada Kenaikan Harga, Bupati Gunungkidul Klaim Stok Bahan Pokok Aman

David Kurniawan
Senin, 04 April 2022 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Akui Ada Kenaikan Harga, Bupati Gunungkidul Klaim Stok Bahan Pokok Aman Bupati Gunungkidul, Sunaryanta (tengah) meninjau salah satu produsen telor di Kalurahan Semanu, Semanu, Senin (4/4/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Meski ada kenaikan harga, stok kebutuhan pokok di Gunungkidul diklaim tetap mencukupi selama Ramadan hingga Idulfitri. 

Hal itu dikatakan Bupati Gunungkidul Sunaryanta ketika bersama anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk stok kebutuhan pokok selama Ramadan, Senin (4/4/2022). 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Selain harga di Pasar Argosari, kami juga meninjau produsen telor di Semanu, serta distributor di Kapanewon Ponjong,” kata Sunaryanta di sela-sela sidak, Senin siang.

BACA JUGA: Asyik..Armada Bus Sekolah di Gunungkidul Bakal Ditambah

Menurut dia, stok barang tidak ada masalah karena hasil pemantauan masih mencukupi. Meski demikian, Sunaryanta tidak menampik harga jual mulai mengalami kenaikan. “Kenaikan tidak hanya di Gunungkidul, tetapi juga terjadi di semua daerah,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, salah satu harga yang mahal terjadi pada minyak goreng curah. Sesuai dengan ketentuan Pemerintah Pusat, komoditas ini dipatok Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram. Akan tetapi, harga di pasaran lebih tinggi dan mencapai Rp22.000 per kilogram.

“Memang harganya sudah tinggi sehingga penjual di pasar ikut menyesuaikan harga belinya,” katanya lagi.

BACA JUGA: Besok, Pencarian Koki Asal Solo yang Tenggelam di Pantai Siung Dihentikan

Sunaryanta memastikan selama Ramadan, pemantauan harga-harga akan terus dilakukan hingga jelang perayaan Hari Raya Idulfitri. Ia berharap kepada masyarakat untuk tidak panil karena ketersediaan stok mencukupi.

“Terus kami pantau dengan melibatkan Dinas Perdagangan dan TPID DIY. Tujuannya satu untuk memastikan ketersediaan stok bahan pokok di pasaran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rekor Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Belum Mampu Saingi Era SBY, Ini Datanya!

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement