Advertisement

Besok, Pencarian Koki Asal Solo yang Tenggelam di Pantai Siung Dihentikan

David Kurniawan
Minggu, 03 April 2022 - 18:07 WIB
Bhekti Suryani
Besok, Pencarian Koki Asal Solo yang Tenggelam di Pantai Siung Dihentikan Petugas SAR sedang melakukan pencarian korban tenggelam dari atas perbukitan menggunakan teropong, Minggu (3/4/2022) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Operasi pencarian Sapuan, koki asal Kota Solo yang hilang terseret ombak di Pantai Siung, Purwodadi, Tepus bakal dihentikan pada Senin (4/4/2022) sore. Hingga hari keenam pencairan, belum ada tanda-tanda korban diketemukan.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I DIY, Sunu Handoko mengatakan, sejak dinyatakan hilang pada Selasa (29/3/2022) sore, upaya pencairan terus dilakukan. Meski demikian, hingga hari keenam korban juga belum temukan.

Menurut dia, berbagai cara dilakukan untuk menemukan korban. Tim jalur darat sudah disebar untuk memantau dari pantai hingga pengamatan dari sisi perbukitan. Hal yang sama juga berlaku penyelamat dari jalur laut. Perluasan pencarian sampai ke kawasan pantai di Pacitan, Jawa Timur tapi juga belum membuahkan hasil.

“Ini sudah hari keenam, tapi belum juga ketemu,” kata Sunu kepada wartawan, Minggu (3/4/2022).

Menurut dia operasi pencairan bakal dihentikan pada hari ketujuh atau Senin besok sekitar pukul 16.00 WIB. Rencana ini sesuai dengan SOP dalam operasi pencarian, tanpa melihat apapun hasilnya.

“Jadi ketemu atau tidak ketemu, setelah pencarian hari ketujuh maka operasi akan dihentikan,” katanya.

Sunu mengatakan, pada saat operasi diberhentikan maka personel yang berpartisipasi untuk mencari akan dikembalikan ke masing-masing pos. “Penghentian juga tidak lepas dari keterbatasan anggaran maupun tenaga yang melakukan pencarian,” katanya.

Disinggung mengenai kedala saat mencari, Sunu mengakui tidak ada masalah berarti. Ia tidak menampik kencangnya arus laut sempat menjadi kendala, tapi hanya berpengaruh pada fokus area pencarian.

“Sempat mengarah ke timur sehingga pencarian fokusnya ke timur, tapi sekarang berbalik ke barat. Hingga Minggu siang upaya pencarian masih dilakukan,” katanya.

BACA JUGA: Ancam Warga dengan Celurit, Remaja Geng Babak Belur Dikeroyok Massa di Tegalrejo

Advertisement

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengaku ikut membantu pencarian korban hilang di Pantai Siung. Proses pencarian difokuskan di sisi timur tepatnya di kawasan Pantai Ngandong dan sekitarnya.

Menurut dia, upaya pencarian juga melibatkan nelayan yang mencari ikan di laut. “kami terus lakukan koordinasi dengan para nelayan apabila menemukan benda yang mencurigkan untk sebera melapor,” katanya.

Sebelumnya, koki asal Kota Solo, Sapuan hilang terseret ombak saat berfoto-foto di Watu Muncar, Pantai Siung, Selasa (29/3/2022). Sebelum hilang, petugas SAR sempat mengingatkan dengan membunyikan peluit agar tidak bermain di area berbahaya. Meski demikia, tidak dihiraukan hingga akhirnya korban dinyatakan hilang.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mobilitas Masyarakat Semakin Tinggi, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan di Jalur KRL Yogyakarta–Solo

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement