Advertisement

Klithih Terjadi Lagi, Saatnya Peran Orang Tua Diperkuat

Sunartono
Selasa, 05 April 2022 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Klithih Terjadi Lagi, Saatnya Peran Orang Tua Diperkuat Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY mengimbau kepada orang tua agar tidak mengizinkan anaknya keluar saat malam hari. Hal ini untuk meminimalkan terjadinya kejahatan jalanan yang sering dilakukan remaja atau lazim disebut klithih.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan orang tua berperan penting dalam mengontrol dan mencegah terjadinya tindak kekerasan jalanan yang dilakukan para remaja. Oleh karena itu, dia meminta kepada para orangtua agar melarang anaknya keluar malam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kontrol orang tua, terutama yang punya anak remaja, jangan keluar malam. Kalau kondisinya seperti itu, karena selama ini kan selalu terjadi di malam hari. Kondisi sepi, sasaran acak, tetapi biasanya sesama remaja. Saya kira itu harus jadi perhatian, orang tua tetangga harus peduli. Le kowe arep nandi mbengi-mbengi, mbok ra usah metu, okeh cah nakal nang ndalan,” katanya, Selasa (5/4/2022).

BACA JUGA: Pelajar Tewas Dihantam Gir, Polisi: Pelaku Pemukulan Diduga Geng

Dia mengatakan berbagai pihak, mulai dari Pemda DIY hingga kepolisian sudah gencar menyosialisasikan guna mencegah adanya klithih. Begitu juga dengan sekolah, sudah tidak kurang-kurangnya melakukan pencegahan dengan berbagai upaya melalui pelibatan orang tua dan masyarakat.

“Sekolah sudah disosialisasi, masih saja ada anak yang belum bisa diberitahu atau diatur, tidak keluar malam. Kalau upaya sekolah mendidik anak sudah kami upayakan semaksimal mungkin. Kepolisian juga sudah melakukan penindakan baik sosialisasi preventif sudah dilakukan,” ujarnya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement