Advertisement

Klithih Merebak, Paguyuban Sopir Truk Siap Jaga Keamanan Jogja

Sunartono
Sabtu, 09 April 2022 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Klithih Merebak, Paguyuban Sopir Truk Siap Jaga Keamanan Jogja Sejumlah pengurus Paguyuban Sopir Truk Jogja mendeklarasikan kesiapannya ikut menjaga keamanan Jogja, Jumat (8/4/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Payuguban Sopir Truk Jogja Ekspres atau dikenal dengan Jogjes mendeklarasikan kesiapan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah DIY, pada Jumat (8/4/2022). Deklarasi itu dilakukan sebagai respons atas situasi dan kondisi DIY akhir-akhir ini, salah satunya munculnya kasus kejahatan jalanan klithih.

Pengurus Paguyuban Sopir Truk Jogjes Subagyo menyatakan deklarasi itu sebagai komitmen dari para sopir truk untuk ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Apalagi akhir-akhir ini Jogja sedang mencuat masalah kekerasan jalanan dan menjadi pembicaraan di lokal maupun nasional. Menurutnya, para sopir perlu ikut mengambil bagian agar situasi Jogja kondusif.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Kondisi jogja beberapa hari ini dihebohkan adanya kejahatan jalanan atau lebih dikenal dengan istilah klithih. Sehingga kami siap bersama-sama dengan aparat kepolisian, tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga Jogja ini agar tetap aman," katanya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Sabtu (9/4/2022).

Kasubdit 2 Ditintelkam Polda DIY AKBP Eko Prasetio mengapresiasi langkah paguyuban sopir truk Jogja yang memiliki kesadaran untuk bersama-sama menjaga kamtibmas. Deklarasi itu bisa menjadi semangat bagi kepolisian untuk bersinergi dalam menjaga wilayah DIY. Selama ini komunikasi antara kepolisian dengan paguyuban sopir truk berjalan baik. Termasuk beberapa waktu lalu paguyuban sopir menyampaikan aspirasi terkait rencana penerapan Odol.

Baca juga: 7 Fakta Klithih Jogja: Ayah Korban Anggota DPRD hingga Kata Kasar Rombongan Pelaku

"Kami dari Polda DIY menjalin komunikasi dengan Jogjes agar dalam menyampaikan aspirasi secara damai dan menjaga kemanan dan ketertiban. Prinsipnya bersama-sama menjaga situasi agar tetap aman dan masyarakat tidak resah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Sopir Truk Jogjes Supriyanto menilai sebagai orang yang bekerja di jalanan, sopir memiliki semangat berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah DIY. Adapun awal mendirikan paguyuban sopir truk Jogjes tujuannya untuk wadah saling peduli serta bersinergi dengan pemerintah.

"Minimal bisa saling membantu sesama sopir ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dijalan. Semoga Jogja tetap aman, anggota kami sudah cukup banyak tersebar di kabupaten dan kota untuk bersama menjaga kamtibmas," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement