Advertisement

Catat, Mulai Bulan Ini Sensus Penduduk 2020 di Jogja Dilanjutkan

Yosef Leon
Kamis, 21 April 2022 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Catat, Mulai Bulan Ini Sensus Penduduk 2020 di Jogja Dilanjutkan  Foto ilustrasi. - Ist/Everypixel

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jogja berencana melakukan program sensus penduduk (SP) 2020 lanjutan pada Mei-Juni mendatang.

Pelaksanaan program ini diharapkan bisa memperoleh data dasar kependudukan strategis dalam rangka mewujudkan satu data kependudukan Indonesia.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala BPS Kota Jogja, Mainil Asmi menjelaskan, SP 2020 lanjutan nantinya akan mendata informasi tentang fertilitas (tingkat kelahiran), mortalitas (tingkat kematian), migrasi, ketenagakerjaan, mobilitas, pendidikan dan juga perumahan.

“Informasi ini banyak ditunggu oleh berbagai pihak sebagai bahan perencanaan di berbagai bidang,” katanya, Kamis (21/4/2022).

BACA JUGA: Harga Migor Curah Tak Terkendali, Pemda DIY: Jangan Main-Main dengan Barang Subsidi

Menurutnya, terdapat perbedaan mendasar antara SP 2020 lalu dengan SP 2020 lanjutan nanti. Pada SP 2020 lalu informasi yang dikumpulkan lebih sederhana, sementara pada SP 2020 lanjutan ini data yang dihimpun akan lebih rinci dan lengkap.

"Informasi yang dikumpulkan pada SP 2020 lanjutan ini dapat dirinci menjadi beberapa variabel kependudukan," ujarnya.

Khusus di Kota Jogja, sampel data rumah tangga berjumlah 8.800 yang terdiri dari 550 blok sensus. Blok sensus ini tersebar di 14 kemantren dan 45 kelurahan di wilayah setempat. Masyarakat yang mendapat kesempatan sensus diharapkan bisa berpartisipasi sehingga data yang diperlukan bisa digunakan untuk keperluan pembangunan.

"Seluruh petugas lapangan yang akan diterjunkan juga akan dibekali pengetahuan melalui pelatihan dan pada saat di lapangan akan membawa surat tugas dan tanda pengenal," kata Mainil.

BACA JUGA: Buruan Tiket Mudik dan Balik di Daop 6 Sudah Terjual 52%

Sekda Kota Jogja, Aman Yuriadijaya menyebut, program SP sangat penting dilakukan karena menjadi salah satu sumber data strategis dalam penyusunan indikator pembangunan berkelanjutan.

"Masyarakat kami minta juga bisa berperan aktif untuk menyukseskan sensus penduduk. Begitu juga Mantri Pamong Praja, dan Lurah agar ikut serta berperan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement