Advertisement

Sejumlah Ormas Jogja Bagi-Bagi Bunga di Malioboro, Ada Apa?

Yosef Leon
Rabu, 27 April 2022 - 20:21 WIB
Arief Junianto
Sejumlah Ormas Jogja Bagi-Bagi Bunga di Malioboro, Ada Apa? Warga membagikan bunga kepada masyarakat di kawasan Malioboro, Rabu (27/4/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Puluhan warga yang tergabung dalam sejumlah organisasi kemasyarakatan membagikan ratusan bunga dan stiker kepada pengunjung, tukang becak, kusir andong serta para pedagang di kawasan Malioboro.

Pembagian bunga dan stiker itu disertai ajakan untuk mengampanyekan Jogja aman dan siap menerima wisatawan di masa Lebaran.

BACA JUGA: Hujan Angin Landa Jogja, Belasan Pohon Tumbang

Kepala Badan Kesbangpol Kota Jogja, Budi Santosa mengaku prihatin dengan sejumlah insiden yang berdampak negatif terhadap situasi keamanan dan kenyamanan di wilayahnya beberapa waktu terakhir. Misalnya saja berkaitan dengan fenomena kekerasan jalanan (rasjal), parkir nuthuk dan insiden oknum tukang becak yang menipu wisatawan. Rentetan kejadian itu harus diantisipasi pada masa libur Lebaran nanti.

Sejumlah kejadian itu kemudian direspons oleh organisasi masyarakat di akar rumput yang resah dengan dampak negatif yang ditimbulkannya. Organisasi yang terdiri dari Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kemudian menggagas untuk mengkampanyekan Jogja aman bagi wisatawan.

"Ini merupakan dorongan dari mereka sendiri dan inisiatif mereka. Jadi dari masyarakat Jogja yang peduli dengan kondisi Jogja beberapa waktu terakhir," kata Budi, Rabu (27/4/2022).

BACA JUGA: Bea Cukai Jogja Berbagi Berkah Ramadan

Budi menyampaikan, berbagai organisasi kemasyarakatan tersebut juga ikut terlibat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan warga serta wisatawan di Jogja.

Di setiap kelurahan dan kecamatan ada sebanyak lima organisasi yang terbentuk serta 10 di tingkat kota. Pihaknya berharap agar para pengunjung yang datang ke Jogja bisa merasakan perayaan Lebaran dan masa libur dengan aman dan terlayani dengan baik.

"Kegiatan ini juga membawa pesan motivasi kepada seluruh warga di kawasan Malioboro untuk sama-sama menjaga serta mengabarkan ke khalayak luas bahwa Jogja siap menyambut," kata Budi.

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut ada sebanyak 300 tangkai bunga dan stiker yang dibagikan kepada pengunjung dan warga di seputaran Malioboro. Para anggota sebelumnya berkumpul di komplek Kepatihan dan kemudian dibagi menjadi dua regu untuk membagikan ratusan bunga itu. Mereka juga berdialog dengan pengunjung Malioboro untuk turut serta menjaga suasana kondusif di wilayah itu.

Ketua FKDM Kota Jogja, Bambang Joni menyampaikan, selain di area Malioboro pembagian bunga dan stiker juga menyasar area Nol KM dan kawasan Tugu Pal Putih. Tempat itu dipilih lantaran masih menjadi magnet bagi wisatawan saat berkunjung ke wilayah Jogja.

"Kami juga mengajak dialog dan secara persuasif menyampaikan kepada pelaku usaha dan mereka yang beraktivitas di Malioboro agar ikut mengabarkan kondisi Jogja yang sebenarnya saat ini. Bahwa Jogja aman dan nyaman serta siap menerima saudara kita yang mudik ke Jogja dan silakan berwisata," ungkap Bambang.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement