Advertisement

Soal Sampah, Pemkab Sleman: Warga Tak Kelola Sampah, Kami Siapkan Sanksi

Lugas Subarkah
Selasa, 10 Mei 2022 - 22:57 WIB
Arief Junianto
Soal Sampah, Pemkab Sleman: Warga Tak Kelola Sampah, Kami Siapkan Sanksi Beberapa gerobak sampah berjejer di depan depo pembuangan sampah sementara di samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Senin (9/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Dinas Lingkungan Hidup Sleman menyiapkan beragam skenario untuk mengantisipasi persoalan sampah di Bumi Sembada.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Epiphana Kristiyani, mengatakan, salah satunya adalah dengan melibatkan secara serius peran masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Advertisement

“Kami akan menerapkan sanksi bagi masyarakat yang tidak bisa mengelola sampahnya dengan baik,” kata dia, Selasa (10/5/2022).

Selain itu, Pemkab Sleman menyiapkan pembangunan TPST di wilayah Sleman Barat, Sleman Tengah dan Sleman Timur. Hasil pengolahan sampah di TPST adalah zero waste. “Saat ini kami sedang mengurus perizinannya,” ujarnya.

Sementara itu, dalam jangka pendek, pengelolaan masalah sampah di Sleman, kata dia, dilakukan dengan mengoptimalkan pengolahan sampah di 13 transfer depo dan 23 TPS 3R yang sudah ada.

“Dengan memilah sampah organik dan anorganik. Sampah organik akan dibuat kompos dan sampah anorganik menjadi rongsok yang dijual ke pengepul. Ke depan kami mohon partisipasi masyarakat utk mulai mengurangi dan memilah sampahnya di RT masing-masing,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement