Advertisement

Polda DIY Libatkan Ahli Bahasa untuk Dalami Unggahan Rina Yellow

Yosef Leon
Rabu, 11 Mei 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Polda DIY Libatkan Ahli Bahasa untuk Dalami Unggahan Rina Yellow Mapolda DIY.Harian Jogja/Irwan A.Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kepolisian Daerah DIY akan melibatkan ahli bahasa untuk mendalami cuitan pemilik akun twitter Rina Yellow yang diduga bernada rasial. Saat ini pemeriksaan terus dilakukan.

"Penyidik sedang mempelajari konten tersebut termasuk dengan menggandeng ahli bahasa untuk mengetahui apakah unggahan itu memenuhi unsur dari ketentuan yang diatur dalam UU ITE atau tidak," kata Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yulianto, Rabu (11/5/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Yuli menyebut, pada Selasa (10/5/2022) kemarin pihaknya telah menerima laporan dari salah seorang warga setempat berkaitan dengan unggahan pemilik Twitter Rina Yellow yang diduga menyudutkan ras tertentu.

Berdasarkan pemeriksaan awal, akun Twitter Rina Yellow diketahui masih aktif. Tim penyidik juga telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi pelapor dan mengamankan sejumlah barang bukti.

Baca juga: Hina Warga Jogja, Akun Rina Yellow Dilaporkan ke Polda DIY

"Kami juga akan melibatkan forensik cyber dan pasti akan kita lakukan biar masuk atau tidak hal yang berkaitan dengan laporan dari salah satu warga itu," katanya.

Di sisi lain petugas juga telah melakukan identifikasi terhadap identitas pemilik akun Twitter Rina Yellow. Hanya saja sampai saat ini polisi belum menentukan apakah unggahan konten tersebut masuk ke dalam klasifikasi tindak pidana atau tidak.

"Kita belum bicara apakah ini masuk pidana apa tidak, nanti permintaan maaf itu ya boleh saja. Apakah itu bisa menggugurkan tindak pidananya atau tidak kan kita masih perlu dalami," katanya.

Sebelumnya, seorang warga Jogja melaporkan pemilik akun Twitter Rina Yellow atas cuitan yang dinilai menyudutkan ras tertentu. Cuitan itu diunggah pada 8 Mei lalu dan mendapat banyak kecaman dari warganet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sehari Semalam di Pinggir Sungai, Bayi yang Dibuang di Klaten Dirawat di Sleman

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 20:07 WIB

Advertisement

alt

5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement